Frekuensi nafas normal dalam 60 detik

Adalah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Frekuensi nafas normal dalam 60 detik

Manusia bernafas dalam 60 detik antara 16-18 kali. Hal ini disebut dengan frekuesi pernafasan. Frekuensi pernafasan sendiri merupakan intensitas pemasukan atau pengeluaran duara pernafasan per menit. Frekuensi pernafasan dipengaruhi antara lain karena usia, jenis kelamin, posisi tubuh, dan aktivitas.

Pembahasan

Pernafasan pada manusia adalah kegiatan mengambil dan mengeluarkan udara pernafasan. Pernafasan terdiri dari pernafasan luar/eksternal dan pernafasan dalam/internal.  

Pernafasan eksternal merupakan pertukaran oksigen dan karbondioksida yang terjadi antara udara dan darah. Adapun pernafasan dalam adalah pertukaran gas di dalam jaringan tubuh. Saat terjadi pernafasan dalam, darah masuk ke jaringan tubuh. Oksigen akan melepas ikatan dengan Hb dan berdifusi masuk ke cairan jaringan tubuh.  

Sistem pernapasan pada manusia yaitu berupa hidung,faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus dan alveolus. Udara yang masuk dan keluar sel dapat ditentukan besar volumenya. Volume udara pernafasan adalah jumlah udara pernafasan yang keluar masuk melalui sistem pernafasan.

Volume udara perafasan setiap orang berbeda-beda dikarenakan volume paru-paru yang berbeda pula. Volume paru-paru dipegaruhi antara lain oleh:

a. Faktor genetik

b. Aktivitas olahraga

Orang yang sering berolahraga memiliki volume paru-paru lebih besar.

c, Kondisi lingkungan

Orang yang tinggal di dataran tinggi dengan kadar oksigen rendah biasanya mempunyai volume paru-paru lebih besar daripada orang yang tiggal di datara rendah.

d. Jenis kelamin

Laki-laki biasanya mempuyai volume paru-paru lebih besar daripada perempuan.  

Adapun pada udara pernafasan tersebut terdapat intenstias dalam memasukkan atau mengeluarkan udara per menit yangdisebut frekunesi pernafasan. Faktor yang mempengaruhi kecepatan frekuensi pernapasan adalah:

Baca Juga  Pesawat sederhana berikut yang memanfaatkan prinsip tuas adalah

a. Usia

  • Balita memiliki frekuensi pernapasan lebih cepat dibandingkan manula. Semakin bertambah usia, intensitas pernapasan akan semakin menurun.
  • Bayi membutuhkan energi lebih banyak untuk pertumbuha selsel nya sehingga frekuensi pernafasan nya lebih tinggi.  

b. Jenis kelamin

Laki-laki memiliki frekuensi pernapasan lebih cepat dibandingkan perempuan

c. Suhu tubuh

Semakin tinggi suhu tubuh (demam) maka frekuensi pernapasan akan semakin cepat

d. Posisi tubuh

Frekuensi pernapasan meningkat saat berjalan atau berlari dibandingkan posisi diam. frekuensi pernapasan posisi berdiri lebih cepat dibandingkan posisi duduk. Frekuensi pernapasan posisi tidur terlentar lebih cepat dibandingkan posisi tengkurap.

e. Aktivitas

Semakin tinggi aktivitas, maka frekuensi pernapasan akan semakin cepat.

Detil jawaban

Kelas: 2 SMA

Mapel: Biologi

Bab: Sistem pernafasan manusia

Kode: 11.4.7

#AyoBelajar

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Frekuensi nafas normal dalam 60 detik Semoga Membantu.