Berikut ini yang bukan merupakan alat ekskresi pada manusia adalah

Adalah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Berikut ini yang bukan merupakan alat ekskresi pada manusia adalah

Jawaban:

c. pankreas

Penjelasan:

Organ organ Yang berperan melakukan sistem eksresi.

1. Ginjal

Ginjal berfungsi melakukan penyaringan terhadap darah didalam tubuh. Ginjal juga mengatur tingkat keseimbangan air dalam tubuh, dan mengatur konsentrasi garam yang ada pada tubuh. Ginjal merupakan organ ekskresi yang paling banyak diketahui oleh masyarakat. Ukuran ginjal hanya sebesar biji kacang merah yang terletak di rongga perut belakang. Meski ukurannya kecil,ginjal memiliki peran yang sangat penting. Sebagai alat ekskresi manusia, ginjal akan menjalankan tiga tahapan dalam proses ekskresi manusia. filtrasi, reabsorpsi, augmentasi.

2. Kulit

Kulit adalah organ manusia yang terbesar, yang merupakan jaringan yang terdapat dibagian luar tubuh. Kulit juga memiliki berbagai lapisan dengan fungsinya masing masing. Namun terkadang manusia tidak menyadari bahwa kulit juga merupakan salah satu organ ekskresi yang mengeluarkan cairan berupa keringat.

3. Paru-Paru

Sistem Pernafasan pada Manusia

Paru-paru memiliki fungsi yang penting untuk tubuh manusia, maka Paru-paru juga merupakan organ vital pada manusia. paru paru memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :

Paru paru Mengatur pertukaran O2 dan juga CO2. O2 dibutuhkan oleh tubuh yang didapatkan dari udara luar, sedangkan CO2 tidak dibutuhkan oleh tubuh karena CO2 merupakan sisa dari hasil metabolism tubuh sehingga CO2 itu harus dikeluarkan.

Paru-paru menjaga asam basa di dalam tubuh agar seimbang. Jika terjadi asidosis atau kelebihan asam di dalam tubuh, paru-paru itu akan mengeluarkan karbondioksida yang sifatnya asam.

4. Hati

Hati juga merupakan salah satu organ vital pada tubuh manusia, karena hari dapat menghancurkan lemak dan sebagai penetralisir racun yang masuk kedalam tubuh. Terdapat beberapa funfsi lain dari hati;

Baca Juga  Perkembangan jasmani pada usia 6 14 tahun sangat dipengaruhi oleh

Penghasil Getah Empedu, Fungsi hati yang pertama adalah penghasil getah empedu. Empedu merupakan hasil metabolism dari darah merah yang di rombak dalam tubuh. Getah empedu hasil metabolism tersebut di tampung dalam katung empedu, yang nantinya akan disalurkan kedalam usus 12 jari. Getah empedu terdiri dari 2 komponen penyusun yaitu garam empadu dan zat warna empedu.

Menghasilkan Urea, Dalam proses metabolism protein, akan menghasilkan sisa metabolism berupa urea. Urea merupakan zat yang haarus segera dikeluarkan dari dalam tubuh, jika tidak maka urea akan menjadi racun bagi tubuh itu sendiri. Proses metabolism protein tersebut terjadi di dalam hati yang secara tidak langsung menghasilkan mineral dalam bentuk urea.

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Berikut ini yang bukan merupakan alat ekskresi pada manusia adalah Semoga Membantu.