Sebutkan faktor faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan

Adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Sebutkan faktor faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan

Faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pernafasan adalah usia, jenis kelamin, suhu tubuh, posisi tubuh dan aktivitas seseorang. Frekuensi pernafasan sendiri merupakan intensitas pemasukan atau pengeluaran duara pernafasan per menit. Umumnya, intensitas pernafasan pada manusia antara 16-18 kali.

Pembahasan

Pernafasan pada manusia adalah kegiatan mengambil dan mengeluarkan udara pernafasan. Pernafasan terdiri dari pernafasan luar/eksternal dan pernafasan dalam/internal.  

Pernafasan eksternal merupakan pertukaran oksigen dan karbondioksida yang terjadi antara udara dan darah. Selama pernafasan luar, di dalam paru-paru akan terjadi pertukaran gas yaitu karbondioksida meninggalkan darah dan oksigen masuk ke darah secara difusi. Selanjutya, Hb (hemoglobin) yaitu sejenis protein dalam sel darah merah akan mengikat oskigen dan membentuk oksihemoglobin.  

Adapun pernafasan dalam adalah pertukaran gas di dalam jaringan tubuh. Saat terjadi pernafasan dalam, darah masuk ke jaringan tubuh. Oksigen akan melepas ikatan dengan Hb dan berdifusi masuk ke cairan jaringan tubuh.  

Sistem pernapasan pada manusia yaitu berupa hidung,faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus dan alveolus.  Berikut ini merupakan penjelasan dari masing masing bagian dari saluran pernapasan pada manusia:

  1. Hidung manusia dilengkapi dengan selaput lendir, rambut hidung dan konka nasalis.  Selaput lendir berfungsi untuk melembabkan udara pernapasan.  Rambut hidung berfungsi untuk menangkap kotoran dari udara pernapasan.  Konka nasalis berfungsi untuk mengatur suhu udara pernapasan.
  2. Faring merupakan persimpangan antara saluran napas dengan saluran cerna dan terdapat glottis serta epiglottis yang dapat mencegah makanan masuk ke saluran napas.
  3. Laring berisi pita suara sehingga dapat bergetar untuk menghasilkan suara.
  4. Trakea berupa susunan cincin tulang rawan berbentuk huruf C.  Dinding trakea dilapisi oleh epitel bersilia yang berfungsi sebagai detector jika terdapat benda asing yang masuk ke saluran pernapasan sehingga tubuh akan mengeluarkan benda asing tersebut misalnya dengan cara bersin.
  5. Bronkus merupakan saluran percabangan dari trakea.
  6. Bronkiolus merupakan saluran percabangan dari bronkus
  7. Alveolus berupa gelembung tipis yang dikelilingi dengan kapiler darah.  Di alveolus terjadi pertukaran antara oksigen dengan karbondioksida secara difusi.
Baca Juga  Walang sangit melindungi diri dengan cara

Udara yang masuk dan keluar sel dapat ditentukan besar volumenya. Volume udara pernafasan adalah jumlah udara pernafasan yang keluar masuk melalui sistem pernafasan.

Volume udara perafasan setiap orang berbeda-beda dikarenakan volume paru-paru yang berbeda pula. Volume paru-paru dipegaruhi antara lain oleh:

a. Faktor genetik

b. Aktivitas olahraga

Orang yang sering berolahraga memiliki volume paru-paru lebih besar.

c, Kondisi lingkungan

Orang yag tinggal di dataran tinggi dengan kadar oksigen rendah biasanya mempuyaivolume paru-paru lebih besar daripada orang yang tiggal di datara rendah.

d. Jenis kelamin

Laki-laki biasanya mempuyai volume paru-paru lebih besar daripada perempuan.  

Adapun pada udara pernafasan tersebut terdapat intenstias dalam memasukkan atau mengeluarkan udara per menit yangdisebut frekunesi pernafasan. Faktor yang mempengaruhi kecepatan frekuensi pernapasan adalah:

a. Usia

  • Balita memiliki frekuensi pernapasan lebih cepat dibandingkan manula. Semakin bertambah usia, intensitas pernapasan akan semakin menurun.
  • Bayi membutuhkan energi lebih banyak untuk pertumbuha selsel nya sehingga frekuensi pernafasan nya lebih tinggi.  

b. Jenis kelamin

Laki-laki memiliki frekuensi pernapasan lebih cepat dibandingkan perempuan

c. Suhu tubuh

Semakin tinggi suhu tubuh (demam) maka frekuensi pernapasan akan semakin cepat

d. Posisi tubuh

Frekuensi pernapasan meningkat saat berjalan atau berlari dibandingkan posisi diam. frekuensi pernapasan posisi berdiri lebih cepat dibandingkan posisi duduk. Frekuensi pernapasan posisi tidur terlentar lebih cepat dibandingkan posisi tengkurap.

e. Aktivitas

Semakin tinggi aktivitas, maka frekuensi pernapasan akan semakin cepat.

Detil jawaban

Kelas: 2 SMA

Mapel: Biologi

Bab: Sistem pernafasan manusia

Kode: 11.4.7

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Sebutkan faktor faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan Semoga Membantu.