Jelaskan latihan meluncur pada renang gaya punggung

Berikut Ini adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Jelaskan latihan meluncur pada renang gaya punggung

Cara melakukan tekni meluncur di air pada renang gaya punggung adalah awalan dilakukan dengan kedua tangan memegang diding kolam. Kemudian kedua kaki ditekuk dan jari-jari kaki bertumpu pada dinding kolam. Posisi kepala menghadap ke atas. Untuk meluncur, dorong kedua kaki dari dinding hinga kedua kaki lurus. Ketika meluncur, posisi kedua tangan lurus di samping badan dan kepala menghadap ke atas.

Pembahasan

Renang gaya punggung merupakan gerakan renang yang dilakukan dengan posisi badan terlentang atau menghadap ke atas. Dalam renang gaya punggung, terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai agar dapat melakukan renang gaya dada dengan baik dan benar. Teknik dasar dalam renang gaya dada adalah

  1. Meluncur. Gerakan meluncur pada renang gaya dada dilakukan dengan awalan dilakukan dengan kedua tangan memegang diding kolam. Kemudian kedua kaki ditekuk dan jari-jari kaki bertumpu pada dinding kolam. Posisi kepala menghadap ke atas. Untuk meluncur, dorong kedua kaki dari dinding hinga kedua kaki lurus. Ketika meluncur, posisi kedua tangan lurus di samping badan dan kepala menghadap ke atas.
  2. Gerakan tangan. Gerakan tangan pada renang gaya punggung dilakukan dengan mengayunkan kedua tangan ke depan atas secara bergantian.
  3. Gerakan kaki. Gerakan kaki pada renang gaya punggung dilakukan dengan menggerakan kedua kaki naik turun secara bergantian. Gerakan kaki pada renang gaya punggung dilakukan oleh pangkal paha.
  4. Pernafasan. Karena renang gaya punggung menghadap ke atas, maka gerakan pernafasan dapat dilakukan dengan mudah. Namun waktu yang tepat untuk melakukan pernafasan, yakni ketika tangan yang diayun ke depan atas masuk ke dalam air.
Baca Juga  Manfaat melakukan senam irama bagi kesehatan tubuh kita adalah

 

Pelajari lebih lanjut

—————————–

 

Detil jawaban

Kelas: 9 SMP

Mapel: Penjaskes

Bab: Bab 9 – Renang Gaya Punggung

Kode: 9.22.9

#AyoSekolah

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Jelaskan latihan meluncur pada renang gaya punggung Semoga Bermanfaat.