Urutan alat pernapasan dari luar ke dalam pada manusia adalah

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Urutan alat pernapasan dari luar ke dalam pada manusia adalah

Urutan saluran pernapasan dari luar ke dalam pada manusia adalah:

Hidung -> Faroing -> Laring -> Trakea  -> Bronkus -> Bronkiolus -> Paru-Paru -> Alveolus

Pembahasan:

Saat kita bernafas, udara masuk lewat hidung. Dari hidung, udara masuk ke saluran penghubung faring dan laring di batang tenggorokan. Kemudian udara turun dari batang tenggorokan atau  disebut juga trakea. Tenggorokan atau trakea ini bercabang dan menuju ke paru-paru.  

1. Hidung

Hidung adalah organ sistem pernafasan yang berada di bagian luar tubuh. Udara pertama masuk ke sistem pernafasan melalui hidung. Di hidung, udara akan disaring dari debu dan kotoran oleh bulu hidung dan cairan hidung. Udara juga akan disesuaikan suhunya, misalnya akan dihangatkan bila suhu udara terlalu dingin. Selain untuk pernafasan, hidung juga memiliki syaraf yang peka terhadap bau, sebagai bagian dari sistem penginderaan pada manusia.

2. Faring (Tenggorok)

Faring adalah bagian atas pada tenggorokan yang berhubungan langsung dengan hidung, dan terletak di depan tulang leher. Fungsi faring adalah sebagai saluran bagi udara yang keluar dan masuk di hidung.

3. Laring (Pangkal Tenggorokan)

Laring adalah saluran pernafasan yang terletak di bawah faring. Fungsi laring adalah untuk melindungi saluran pernapasan di bawahnya dengan cara menutup secara cepat, untuk mencegah masuknya benda asing ke dalam saluran napas. Laring juga mengandung pita suara yang digunakan oleh manusia untuk berbicara.

4. Trakea

Trakea adalah tabung pernafasan di bawah laring, dengan diameter sekitar 20-25 mm dan panjang sekitar 10-16 cm. Trakhea berfungsi sebagai jalan masuknya udara dari laring menuju ke paru-paru.

Baca Juga  Lagu sirih kuning berasal dari

5. Bronkus

Bronkus adalah percabangan dari trakea menuju ke kedua paru-paru. Bronkus berfungsi untuk membawa udara ke paru-paru. Bronkus tersusun atas tulang rawan.

6. Bronkiolus

Bronkiolus adalah percabangan kecil bronkus. Saluran udara ini berbeda dengan brokus, dengan tidak adanya sokongan oleh cincin tulang rawan. Bronkiolus membawa udara ke dalam alveolus di paru-paru.

7. Paru-paru

Paru-paru manusia terdiri dari dua bagian di sisi kiri dan kanan bronkus. Paru-paru berfungsi sebagai tempat pertukaran udara dengan sistem peredaran darah. Pertukaran ini terjadi di gelambir-gelambir kecil paru-paru yang disebut alveolus.  

8. Alveolus  

Alveolus adalah gelambir keci paru-paru yang dikelingi oleh pembuluh darah kapiler, tempat pertukaran gas ini terjadi. Di alveolus paru-paru, oksigen dari udara akan masuk ke sel darah merah dan diikat oleh hemoglobi, sementara karbon dioksida dari darah dikeluarkan ke paru-paru untuk dihembuskan saat menghembuskan nafas..  

———————————————————————————–

Pelajari lebih lanjut    

1. 5 contoh hewan yg bernafas dgn kulit adalah ….

2. Tuliskan 3 contoh hewan yang bernafas dengan trakea

Detail Jawaban:  

Kode:  11.4.7    

Kelas: 11  

Mata Pelajaran: Biologi  

Materi: Bab 7 – Sistem Pernafasan

Kata Kunci: Organ pada Sistem Pernafasan

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Urutan alat pernapasan dari luar ke dalam pada manusia adalah Semoga Membantu.