Jaringan dasar atau jaringan parenkim pada tumbuhan terdapat pada

Berikut ini Jawaban Soal Sekolah Tentang Jaringan dasar atau jaringan parenkim pada tumbuhan terdapat pada

Jaringan dasar atau jaringan parenkim pada tumbuhan terdapat di akar, batang dan daun. Parenkim akar berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan contohnya ubi kayu. Parenkim batang salah satu fungsinya menyimpan air contohnya kaktus. Parenkim daun berfungsi sebagai tempat fotosintesis.

Pembahasan

Jaringan merupakan kumpulan sel yang mempunyai bentuk, asal, fungsi, dan struktur yang sama. Terdapat lima macam jaringan pada tumbuhan antara lain:

1. Meristem

Jaringan meristem terletak di ujung akar dan ujung batang. Jaringan meristem dapat meregang, membesar, dan berdiferensiasi menjadi jaringan lainnya ketika dewasa. Berdasarkan tempatnya, jaringan meristem terdiri dari 3 macam, yaitu:

a. Apikal (ujung) yang berfungsi untuk pertumbuhan memanjang pada akar dan batang.

b. Lateral (samping) contohnya adalah kambium, yang berfungsi untuk pertumbuhan membesar atau melebar pada batang. Kambium terletak di antara xilem dan floem. Sifat kambium dapat membelah atau meristematik dimana pembelahan ke dalam membentuk xilem sekunder dan ke arah luar membentuk floem sekunder. Pembentukan xilem dan floem inilah yang menyebabkan batang membesar.

c. Interkalar yaitu terletak diantara jaringan dewasa contohnya pada ruas-ruas batang.

2. Jaringan penguat atau penyokong

Jaringan penyokong berguna sebagai penguat atau penyokong tumbuhan. Dindingnya tebal dan akan berhenti melakukan pembelahan apabila sudah mencapai usia dewasa. Jaringan penyokong meliputi kolenkim dan sklerenkim.

3. Jaringan dasar atau parenkim

Jaringan parenkim mengisi ruang antar jaringan. Jaringan parenkim terdapat di semua bagian tubuh tanaman, seperti batang, akar, dan daun. Jaringan parenkim yang berada di daun terletak di mesofil daun yaitu palisade dan spons, di mana kedua jaringan tersebut banyak mengandung kloroplas.

Baca Juga  Paduan beberapa nada yang dimainkan dan terdengar harmonis disebut

Fungsi jaringan  parenkim antara lain sebagai berikut:

a. Jaringan parenkim berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. Seperti pada batang tebu, akar wortel, kentang maupun batang sagu.

b. Sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis atau yang disebut pula dengan asimilasi. Contohnya adalah jaringan palisade yang terdapat pada daun.  

c. Jaringan parenkim berguna sebagai tempat penyimpanan cadangan air. Tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan-tumbuhan yang hidup di daerah kering seperti kaktus, lidah buaya, ataupun tumbuhan xerofit lainnya.

d. Sebagai jaringan pengangkut air, hara dan makanan untuk membantu atau mengganti xilem dan floem dalam menjalankan tugasnya. Contohnya adalah lumut, karena lumut tidak memiliki jaringan pengangkut maka pengangkutan air, zat hara dan hasil fotosintesis dilakukan oleh jaringan parenkim.

e. jaringan parenkim berfungsi untuk tempat penyimpanan udara. Fungsi ini hanya terdapat pada tumbuhan-tumbuhan hidrofit atau tumbuhan yang hidup di air seperti eceng gondok, genjer, maupun teratai.  

4. Jaringan pengangkut.

Jaringan pengangkut atau pembuluh merupakan jaringan yang berfungsi untuk proses pengangkutan zat-zat yang ada di dalam tumbuhan. Jaringan pengangkut terdiri dari xilem yang berfungsi mengangkut air dan zat hara dari tanah ke daun, dan floem yang berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh tubuh.

5. Jaringan pelindung atau epidermis.

Berada di lapisan terluar dan berfungsi untuk melindungi permukaan tumbuhan. Jaringan pelindung tersusun atas sel-sel yang tersusun rapat.

Pada jaringan pelindung atau epidermis dapat berubah bentuk sesuai fungsinya yang dikenal dengan istilah derivat epidermis. Macam-macam derivat epidermis antara lain:

a. stomata mempunyai fungsi sebagai jalan tranpirasi, jalan respirasi, jalan masuknya karbondioksida dan keluarnya oksigen.

b. kutikula yang berfungsi mengurangi penguapan air.

Baca Juga  Jelaskan cara memberikan bantuan guling depan

c. sel kipas merupakan sel yang bisa membuat daun menggulung untuk mengurangi penguapan air.

d. sel kersik menyebabkan permukaan organ menjadi kasar keras dan kaku.

e. spina atau duri berfungsi melindungi tumbuhan dari gangguan dari luar

f. trikoma berfungsi memperluas dan menyerap mineral dalam tanah

g. bulu akar berfungsi untuk memperluas penyerapan garam mineral dan air

h. lentisel yang membuat batang terlihat pecah pecah untuk pertukaran udara.

Pelajari lebih lanjut

Detil jawaban

Kelas: 8

Mapel: Biologi

Bab: Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Kode: 8.4.6

Kata kunci: jaringan tumbuhan, jaringan parenkim, parenkim akar, parenkim batang, parenkim daun

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Jaringan dasar atau jaringan parenkim pada tumbuhan terdapat pada Semoga Membantu.