Aktivitas meristem primer akan mengakibatkan

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Aktivitas meristem primer akan mengakibatkan

Jawaban:

Kelas: XII

Mata pelajaran: Biologi

Materi: Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman

Kata kunci: pertumbuhan primer dan sekunder

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini dengan dua jawaban:

Jawaban pendek:

Aktifitas meristem primer menyebabkan pertumbuhan pada tanaman yang terjadi pada ujung-ujung tanaman, menyebabkan tanaman bertambah tinggi dan akar semakin dalam. Pertumbuhan ini disebut dengan pertumbuhan primer.

Jawaban panjang:

Tidak seperti pada hewan, yang tumbuh dengan ukuran dan bentuk tubuh tertentu dan kemudian berhenti tumbuh, tanaman menunjukkan pertumbuhan yang tidak pasti dimana tanaman akan terus menambahkan organ baru (daun, batang, akar) selama ia memiliki akses terhadap sumber daya seperti unsur hara tanah.

Tanaman dapat terus tumbuh seperti ini karena jaringan meristem yang berisi sel meristem yang dapat membelah diri secara terus-menerus

Secara umum pertumbuhan tanaman ini dibagi menjadi dua yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder.

Pertumbuhan primer terjadi pada ujung tanaman, pada jaringan yang disebut jaringan meristem primer atau meristem apikal. Jaringan meristem apikal ini terdapat pada ujung akar atau di ujung batang. Pembelahan sel pada jaringan ini menyebabkan batang meninggi dan akar memanjang ke dalam tanah.

Sementara pertumbuhan sekunder terjadi di tengah batang akibat aktifitas jaringan meristem lateral, yang terdapat pada kambium di saluran pembuluh tanaman.

Hanya tanaman yang termasuk dalam gymnosperma (berbiji terbuka seperti pinus) atau dikotil (berbiji belah seperti mangga) yang memiliki kambium. Karena itu hanya tanaman pada jenis ini yang dapat melakukan pertumbuhan sekunder dan bercabang. Sementara tanaman dalam jenis monokotil seperti kelapa tidak dapat bercabang karena tidak mengalami pertumbuhan sekunder akibat tidak memiliki kambium.

Baca Juga  Sebutkan macam macam gaya dalam renang

Penjelasan:

semoga membantu

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Aktivitas meristem primer akan mengakibatkan Semoga Membantu.