Pada potongan melintang tanaman air banyak ditemui rongga-rongga udara apabila diamati melalui mikroskop, gelembung udara tersebut adalah….space

Pada potongan melintang tanaman air banyak ditemui rongga-rongga udara apabila diamati melalui mikroskop, gelembung udara tersebut adalah….

A. Aerenkim
B. Klorenkim
C. Epidermis
D. Parenkim palisade

jawaban

Pada potongan melintang tanaman air banyak ditemui rongga – rongga udara apabila diamati melalui mikroskop, gelombung udara tersebut merupakan Aerenkin (A).

Aerenkim merupakan parenkim yang biasanya terdapat pada tumbuhan-tumbuhan air yang berfungsi sebagi tempat penyimpan udara.

 

Penjelasan:

Jaringan parenkim merupakan jaringan yang berasal dari sel-sel hidup, dengan lapisan morfologi dan fisiologi yang bervariasi serta masih melakukan proses kegiatan fisiologis.

Macam – macam jaringan parenkim pada tanaman

  1. Parenkim Asimilasi, memiliki lapisan dari sel-sel yang mengandung berbagai plastida kloroplas, sehingga sering juga disebut dengan klorenkim. Sangat penting bagi tanaman untuk menjaga berlangsungnya proses fotosintesis (sintesis karbohidrat). Contohnya pada daun dan bunga.
  2. Parenkim Makanan, mengandung plastida amiloplas, dengan fungsi sebagai ruang penyimpanan makanan yang memiliki kadar air sedikit dan mengatur persedian makanan. Contohnya pada akar, umbi batang, umbi lapis, dan akar rimpang.
  3. Parenkim Air, berfungsi sebagai tempat menyimpan air dan terikat pada vakuola yang secara aktif, parekim ini terjadi pada batang yang memiliki sifat succulent dan mampu menyimpan air pada jaringannya. Sehingga dengan teknik ini, jaringan dan tubuh tanaman terlihat lebih berdaging atau lebih besar. Contohnya pada tanaman kaktus dan lidah buaya.
  4. Parenkim Udara (aerenkim) merupakan jaringan parenkim yang memiliki kemampuan untuk menyimpan udara, karena ruang antar sel yang dimilikinya sangat besar. Aerenkim berfungsi untuk membantu menjaga agar tidak kelebihan air, bagi tanaman yang hidup di perairan atau dekat dengan sumber air. Contohnya pada tangkai daun tanaman eceng  gondok, dan teratai.
  5. Parenkim Pengangkut, berfungsi sebagai pengangkut ekstravaskular, yaitu proses pengangkutan zat di luar jaringan pengangkut utama dan terdapat pada bagian akar dengan bentuk jaringan endodermis. Memiliki struktur yang sangat rapat dan ruang pemisah selnya mengalami penebalan oleh suberin yang kedap air, sehingga zat hara hanya bisa masuk melewati plasmodesmat. Contohnya terjadi pada xilem dan floem.
Baca Juga  Hewan diatas memiliki ciri khusus terhadap?

Tanaman air memiliki kemampuan mengapung di atas permukaan air karena memiliki gelembung udara. Jika dilihat menggunakan mikroskop pada potongan melintang bagian tanaman tersebut maka dapat diketahui bahwa jaringan yang berperan dalam kemampuan tersebut adalah jaringan parenkim udara atau disebut juga dengan aerenkim. Aerenkim merupakan jaringan parenkim yang memiliki kemampuan untuk menyimpan udara karena memiliki ruang antar sel yang sangat besar. Aerenkim berfungsi untuk membantu menjaga agar tidak kelebihan air bagi tanaman yang hidup di perairan atau dekat dengan sumber air.undefined