Tumbuhan yang berkembang biak secara generatif adalah

Inilah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tumbuhan yang berkembang biak secara generatif adalah

Tumbuhan yang berkembang biak secara generatif adalah perkembangbiakan yang diawali pembuahan. Tumbuhan yang berkembang biak secara generatif terjadi pada semua tumbuhan berbiji. Contoh tumbuhan berbiji adalah padi, jagung, mangga, durian, melinjo, cemara. Perkembangbiakan generatif menghasilkan biji sebagai calon individu baru.

Pembahasan

Perkembangbiakan pada tumbuhan dapat terjadi secara generatif dan vegetatif. Bunga merupakan alat reproduksi tumbuhan secara generatif. Perkembangbiakan generatif adalah perbanyakan individu baru melalui proses perkawinan yaitu peleburan sel gamet jantan dan betina.

Reproduksi secara vegetatif tidak memerlukan perkawinan. Reproduksi vegetatif dibagi menjadi dua yaitu alami dan buatan.
 Reproduksi vegetatif alami tersebut dapat terjadi dengan beberapa cara antara lain:

1. Rizoma

Rizoma adalah sebuah batang mendatar di bawah tanah. Contohnya antara lain jahe, kunyit, maupun kencur.

2. Stolon

Stolon adalah batang yang tumbuh menjalar di atas tanah. Contohnya antara lain rumput teki, tumbuhan strowberi maupun pegagan.

3. Tuber atau Umbi Batang

Umbi yang dapat berkembang menjadi tunas hingga akhirnya bertumbuh menjadi tumbuhan baru. Contohnya antara lain bengkuang dan juga tumbuhan kentang.

4. Bulbus atau Umbi Lapis

Bulbus atau umbi lapis merupakan  bentuk modifikasi dari batang dan daun. Contohnya antara lain bawang merah dan juga bawang putih.

5. Umbi Akar

Umbi akar merupakan bagian akar yang memiliki fungsi sebagai penyimpan cadangan makanan. Contohnya antara lain lobak, wortel, dan dahlia.  

6. Tunas

Tunas adalah bagian dari tumbuhan yang baru tumbuh dari pangkal batang induk. Contohnya antara lain pisang, bambu, dan tebu.

Baca Juga  Bulu hewan yang paling banyak diolah menjadi produk kerajinan adalah

7. Tunas Adventif daun dan akar

Tunas yang tumbuh pada bagian tumbuhan misalnya pada daun dan akar. Contoh tunas adventif daun yaitu tumbuhan cocor bebek, sedangkan tunas adventif akar yaitu sukun.

Reproduksi vegetatif alami tersebut dapat terjadi dengan beberapa cara antara lain:

1. Mencangkok

2. Stek

3. Menempel (okulasi).

4. Menyambung (enten)

5. Merunduk

6. Kultur jaringan

Detil jawaban

Kelas: 7

Mapel: Biologi

Kategori: Ciri-ciri Makhluk Hidup

Kode: 7.4.2

#AyoBelajar

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Tumbuhan yang berkembang biak secara generatif adalah Semoga Membantu.