Berikut ini adalah jenis jenis teknologi jaringan nirkabel kecuali

Inilah Jawaban Soal Sekolah Tentang Berikut ini adalah jenis jenis teknologi jaringan nirkabel kecuali

Jenis-jenis jaringan nirkabel dibagi menurut jangkauan areanya. Jenis jaringan nirkabel/wireless antara lain:

  • Wireless Personal Area Network
  • Wireless Local Area Network
  • Wireless Metropolitan Area Network
  • Wireless Wide Area Network

Pembahasan

Sesuai dengan namanya, jaringan nirkabel adalah jaringan yang dalam transmisinya tidak melalui kabel, melainkan melalui beberapa jenis gelombang. Jaringan nirkabel kemudian dibedakan jenisnya menurut jangkauan areanya mulai dari yang paling sempit yakni Wireless Personal Area Network hingga yang paling luas, Wireless Wide Area Network.

Wireless Personal Area Network

Wireless Personal Area Network atau sering disingkat dengan WPAN, merupakan jenis jaringan nirkabel dengan jangkauan area yang paling terbatas dimana untuk jangkauan terjauhnya sekitar 10 meter. Oleh karena itu penggunaan jenis jaringan ini terbatas pada satu tempat tertentu. Contoh penggunaannya adalah pada teknologi transmisi melalui gelombang infrared dan teknologi bluetooth.

Wireless Local Area Network

Wireless Local Area Network atau sering disingkat dengan WLAN, merupakan jenis jaringan nirkabel dengan jangkauan lebih besar dari WPAN dan lebih dapat menjangkau seperti suatu gedung atau bangunan tertentu. Penggunaan WLAN yang banyak digunakan saat ini adalah pada jaringan kantor, sekolah, atau universitas dan untuk pengaksesan internet.

Wireless Metropolitan Area Network

Wireless Metropolitan Area Network atau WMAN, merupakan jaringan nirkabel yang dapat menjangkau suatu wilayah atau lingkungan daerah tertentu. Jika WLAN hanya dapat menghubungkan dalam satu bangunan, WMAN dapat menghubungkan beberapa WLAN dalam daerah tersebut. Contoh penggunaannya adalah pada WiMAX.

Wireless Wide Area Network

Baca Juga  Dalam pencak silat teknik tendangan yang masuk sasaran mendapat nilai

Wireless Wide Area Network atau WWAN, merupakan jaringan nirkabel yang paling luas jangkauannya dimana dapat menjangkau mulai dari gabungan beberapa daerah hingga suatu negara sehingga memerlukan sekelompok antena hingga satelit untuk mengakomodasi jaringan jenis ini. Jenis jaringan nirkabel ini sering ditemui dalam sehari-hari, contohnya adalah teknologi 2G, 3G, 4G  hingga 5G yang sedang dalam pengembangan.

Pelajari lebih lanjut

  1. Pengertian jaringan komputer – brainly.co.id/tugas/7895903
  2. Perbedaan jaringan kabel dan nirkabel – brainly.co.id/tugas/14770253
  3. Komponen pada jaringan komputer – brainly.co.id/tugas/18694032

Detil Jawaban

Mata Pelajaran: TI

Materi: Bab 2 – Dasar-Dasar Sistem Jaringan Internet dan Intranet

Kelas: 9 SMP

Kode kategorisasi: 9.11.2

#AyoBelajar

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Berikut ini adalah jenis jenis teknologi jaringan nirkabel kecuali Semoga Membantu.