Sel sel epidermis pada daun dapat mengalami perubahan bentuk menjadi

Adalah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Sel sel epidermis pada daun dapat mengalami perubahan bentuk menjadi

Sel-sel epidermis pada daun dapat mengalami perubahan bentuk menjadi (1) Stomata dan (3) Trikoma

PEMBAHASAN

JARINGAN EPIDERMIS

Jaringan epidermis merupakan jaringan hasil diferensiasi dari jaringan meristem primer yang berkembang menjadi protoderm. Epidermis memilki sel-sel yang rapat, vakuola yang besar, dan terdiri dari satu lapisan. Sel jaringan epidermis bagian luar dilapisi seperti zat lemak yang disebut kutikula. Jaringan epidermis berfungsi untuk melindungi tubuh tanaman dari pengaruh lingkungan tanaman yang dapat merugikan, contohnya binatang yang memakan bagian tubuh tanaman.  Jaringan epidermis mengalami beberapa macam modifikasi untuk menunjang aktivitas tanaman, yaitu:

STOMATA

Stomata merupakan celah yang terdapat pada jaringan epidermis dan berfungsi untuk keluar masuknya gas serta penguapan. Stomata terdiri dari sel penjaga, celah, dan sel tetangga. Tipe-tipe stomata berdasarkan jumlah sel tetangganya yaitu stomata aninositik (terdapat tiga sel tetangga), stomata parasitik (terdapat satu sel tetangga), stomata diasitik (terdapat dua sel tetangga).  

LITOKIS

Litokis adalah sel dengan pertumbuhannya kearah dalam yang ukurannya lebih besar dari sel jaringan epidermis yang lain dan berisi kristal-kristal CaCO3.

TRIKOMA

Trikoma merupakan modifikasi jaringan epidermis berupa tonjolan kearah luar, apabila terbentuk dari epidermis atau di bawah epidermis disebut emergensia. Sedangkan apabila terbentuk dari jaringan stele disebut spina. Trikoma berfungsi untuk melindungi tanaman dari ancaman hewan dan mencegah penguapan berlebih. Trikoma dibagi menjadi dua tipe berdasarkan ada atau tidaknya sekret yaitu:

Baca Juga  Anggota tubuh yang boleh digunakan pada permainan bola voli

Trikoma glandular → merupakan trikoma yang memiliki secret pada pangkal sel yang berbentuk kantong. Sekret tersebut bersifat toksik dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Contohnya trikoma daun jelateng (Urtic dioica).

Triloma non glandular → merupakan trikoma yang tidak memiliki secret pada pangkal sel yang berbentuk kantong contohnya trikoma bintang atau rambut sisik (Durio zibethinus L.)

Keterangan gambar:

  1. Gambar 1: Jaringan epidermis (ungu) beserta stomata (putih) pada tanaman R.discolor
  2. Gambar 2: Sistolit pada pojok kiri
  3. Gambar 3: Trikoma

————————————————————————–

Pelajari lebih lanjut

  1. Pembahasan tambahan jaringan epidermis: brainly.co.id/tugas/1226787
  2. Ciri-ciri trikoma: brainly.co.id/tugas/11858895
  3. Bagian stomata beserta gambar ilustrasi: brainly.co.id/tugas/9028151

————————————————————————-

Detail Jawaban

Mapel: SBMPTN

Kelas: XII SMA

Materi: Modifikasi Jaringan Epidermis

Kata kunci: jaringan epidermis, kutikula, stomata, litokis, trikoma, rambut akar

Kode soal: 24

Kode kategorisasi: 12.24

#OptiTeamCompetition

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Sel sel epidermis pada daun dapat mengalami perubahan bentuk menjadi Semoga Membantu.