Adakah hubungan antara rantai makanan dengan aliran energi jelaskan

Berikut ini Jawaban Soal Sekolah Tentang Adakah hubungan antara rantai makanan dengan aliran energi jelaskan

Ada hubungan antara rantai makanan dengan aliran energi, yaitu terjadi aliran energi pada sebuah rantai makanan satu makhluk hidup ke makhluk hidup lain, dalam bentuk zat makanan, yang terjadi saat suatu mahkluk hidup memakan makhluk hidup lain.  

Makanan ini akan digunakan oleh makhluk hidup sebagai sumber energi melalui metabolisme.

Aliran energi ini dimulai dari tanaman yang bersifat autotrof atau menghasilkan sendiri sumber energi dengan menggunakan bantuan dari sinar matahari. tanaman ini menjadi produsen dalam rantai makanan.

Pembahasan:  

Rantai makanan adalah urutan serangkaian proses makan dan dimakan antara makhluk hidup berdasarkan urutan urutan tertentu. Contohnya, padi dimakan oleh tikus, tikus dimakan oleh ular, dan ular dimakan oleh elang.

Pada rantai makanan terjadi perpindahan energi dari makhluk hidup yang dimakan ke makhluk hidup pemagsa (predator).  

Energi berawal dari dihasilkan tanaman yang menjadi produsen dan bersifat autotrof. Organisme atau Makhluk hidup autotrof adalah makhluk hidup yang dapat menghasilkan makanan sendiri. Proses pembuatan makanan ini dilakukan melalui fotosintesis, yang mengubah karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) menjadi zat gula (C6H12O6) dan oksigen (O2).

Organisme lain tidak bisa membuat energi sendiri atau bersifat heterotrof. Ini termasuk hewan, dan mereka harus mengambil sumber energi dengan memakan makhluk hidup lain.

Ini terjadi dalam rantai makanan, misalnya saat tikus tadi memakan padi, dan juga terjadi saat ular memakan tikus. Oleh hewan, sumber makanan ini dicerna, dan kemudian hasilnya dimetabolisme dengan bantuan oksigen (O2) menjadi energi.

Pelajari lebih lanjut    

Baca Juga  Permainan kasti berasal dari negara

Rantai makanan pada ekosistem pantai…

————————————————————————————–

Kode: 7.4.8

Kelas: VII

Mata Pelajaran: Biologi      

Materi: Bab 8 – Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

Kata Kunci: Rantai makanan

 

Begitulah Jawaban Soal Ujian Tentang Adakah hubungan antara rantai makanan dengan aliran energi jelaskan Semoga Membantu.