Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan disebut

Berikut Ini adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan disebut

Kumpulan rantai makanan yang saling berhubungan disebut jaring jaring makanan (opsi B).

Pembahasan

Dalam ekosistem terbentuklah hubungan saling makan memakan antara makhluk hidup. Hubungan tersebut dinamakan dengan rantai makanan.

Berikut peranan makhluk hidup dalam rantai makanan.

Dalam rantai makanan, produsen adalah setiap makhluk hidup yang menghasilkan makanan sendiri. Seperti tumbuh tumbuhan yang menghasilkan makanan sendiri dari proses fotosintesis.

Konsumen tingkat I adalah makhluk hidup yang langsung memakan tumbuhan. Contohnya seperti ulat, burung burung kecil, dan hewan hewan herbivora lainnya.

Konsumen tingkat II adalah makhluk hidup yang memakan makhluk hidup pada tingkat konsumen tingkat I. Contohnya seperti ayam yang memakan ulat.

Konsumen tingkat III adalah makhluk hidup yang memakan makhluk hidup pada tingkat konsumen tingkat II. Makhluk hidup yang berada konsumen tingkat III disebut juga sebagai konsumen puncak. Karena makhluk hidup tersebut tidak bisa dimakan oleh makhluk hidup lain..Contohnya singa, burung elang, dan banyak lagi.

Dekomposer adalah makhluk hidup yang bertugas menguraikan makhluk hidup yang sudah mati. Contoh makhluk hidup yang dapat menguraikan makhluk hidup lain : jamur dan bakteri.

Nah, apabila suatu rantai makanan dikumpulakan. Maka, kumpulan rantai makanan tersebut akan menjadi jaring jaring makanan.

Pelajari Lebih Lanjut

Detail Jawaban

Kelas : 7 SMP

Mapel : Biologi

Materi : Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

Kode Kategorisasi : 7.4.8

Kata Kunci : Jaring Jaring Makanan

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan disebut Semoga Membantu.