Makanan yang kita makan mengandung energi

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Makanan yang kita makan mengandung energi

Jawaban:

C. Kimia

Penjelasan:

Energi kimia pada makanan berbentuk ikatan kimia antar senyawa di makanan, seperti senyawa karbohidrat, protein dan lemak. Tubuh memanfaatkan energi ini dengan menguraikannya pada pencernaan.

Energi kimia makanan berawal dari dihasilkan oleh tanaman, yang bersifat autotrof. Organisme autotrof adalah makhluk hidup yang dapat menghasilkan makanan sendiri. Proses pembuatan makanan ini dilakukan melalui fotosintesis, yang mengubah karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) menjadi zat gula (C6H12O6) dan oksigen (O2).

Hewan (termasuk manusia) kemudian mendapatkan makanan dari tanaman secara langsung (dengan memakan tanaman) atau tak langsung (dengan memakan hewan pemakan tanaman).

Prinsip bahwa energi tidak dapat dihilangkan atau dimusnahkan, namun hanya dapat diubah menjadi energi bentuk lain ini disebut dengan “Prinsip Kekekalan Energi”.

Energi kimia dari makanan setelah dicerna akan digunakan dalam metabolisme sel tubuh, dan diubah menjadi energi lain, yaitu energi gerak untuk menggerakkan tubuh dan energi panas untuk menjaga suhu tubuh.

Sisa dari pencernaan akan dikeluarkan dalam bentuk kotoran oleh tubuh.

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Makanan yang kita makan mengandung energi Semoga Membantu.

Baca Juga  Tahun kedatangan bangsa spanyol di indonesia