Tempat berakhirnya aliran sungai di laut

Inilah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tempat berakhirnya aliran sungai di laut

Tempat berakhirnya aliran sungai di lautan disebut .. muara atau estuari

Pembahasan

Ekosistem muara atau estuari adalah salah satu jenis ekosistem perairan. Contoh ekosistem muara di Indonesia adalah muara sungai Musi (berakhir di Selat Bangka), Asahan (berakhir di Selat Malaka), Mahakam (berakhir di Selat Makassar) dan Bengawan Solo (berakhir di Laut Jawa).

Ekosistem ini untik karena berada di pertemuan peraira tawar (sungai) dan perairan asin (lautan). Karena lokasi ini, air di muara bersifat payau (asin, namun tidak seasin lautan), dan jenis spesies ikan yang hidup di tempan ini pun berbeda dengan perairan asin dan sungai.

Rantai makanan di estuari tergantung pada pasokan energi dari sinar matahari dan transportasi senyawa organik ke dalam estuari dari sungai dan dari arus pasang surut air laut.

Di muara ini, jenis vegetasi tanaman yang banyak ditemukan adalah tanaman bakau. Pohon bakau terdiri dari beberapa spesies seperti pohon bakau merah (Rhizophora mangle) dan pohon bakau hitam (Avicennia germinans). Keduanya termasuk tanaman berbunga (Angiosperma) dari jenis Dikotil (berbiji belah). Ciri khas dari pohon bakau yang membedakanya dengan tanaman lainnya adalah memiliki akar yang tinggi dan kuat, daun yang berlilin untuk mengurangi penguapan, dan kemampuan hidup di wilayah yang tergenang.

Muara memiliki penting, karena memiliki nutrisi tinggi dan menjadi penghubung laut dan sungai. Hewan laut yang bermigrasi seperti ikan salmon, menggunakan muara sebagai wilayah yang dilewati.  

Pelajari lebih lanjut:  

Di manakah tanaman bakau tumbuh ?

Detail Jawaban  

Kode: 7.4.8    

Baca Juga  Ras kaukasoid umumnya hidup di wilayah kawasan

Kelas: VII    

Mata pelajaran: Biologi      

Materi: Bab 8 – Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

Kata kunci: Ekosistem Muara (Estuari)  

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tempat berakhirnya aliran sungai di laut Semoga Membantu.