Makanan diuraikan dalam sistem pencernaan menjadi

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Makanan diuraikan dalam sistem pencernaan menjadi

Makanan yang dimakan akan diuraikan dalam sistem pencernaan dan digunakan sebagai … sumber energi dalam metabolisme

Pembahasan:

Energi dari makanan adalah energi yang dilepaskan dari senyawa makanan, seperti karbohidrat, lemak, protein, dan senyawa organik lainnya, saat senyawa ini digunakan sel tubuh dalam metabolisme.  

Ketika senyawa makanan dibakar dalam metabolisme dengan menggunakan dalam makanan dibakar seluruhnya dengan jumlah oksigen yang cukup, senyawa ini melepaskan energi atau kalori.

Besar energi makanan yang dinyatakan dalam satuan kilojoule (kJ) atau kilokalori (kkal).  

Karena sel tubuh hanya dapat melakukan metabolisme pada senyawa sederhana, maka senyawa kompleks dalam makanan harus dicerna dulu.  

Misalnya, makanan nasi mengandung pati yang merupakan karbohidrat kompleks. Maka senyawa karbohidrat kompleks ini akan dipecah menjadi glukosa, yaitu gula sederhana yang dapat digunakan tubuh.  

Di mulut, nasi dikunyah menjadi gumpalan dan potongan kecil oleh gigi.   Enzym amilase saliva di ludah pada mulut mencerna karbohidrat pada makanan menjadi disakarida, seperti laktosa, maltosa dan sukrorsa.  

Makanan masuk ke lambung dan bercampur dengan asam lambung. Dari lambung makanan masuk ke usus halus dimana amilase pankreas merubah karbohidrat yang masih berupa polisakarida (gula kompleks) di nasi menjadi maltosa. Kemudian maltase di usus halus merubah maltosa di makanan berkarbohidrat menjadi glukosa yang dapat diserap oleh usus.

————————————————————————————-

Detail Jawaban

Kelas: VII  

Kode: 7.6.6

Mata pelajaran: Kimia  

Materi: Bab 6 – Energi dalam Sistem Kehidupan

Kata kunci: Energi Makanan

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Makanan diuraikan dalam sistem pencernaan menjadi Semoga Membantu.