Aplikasi Belajar Bahasa Arab

11 Aplikasi Belajar bahasa Arab Paling Direkomendasikan

Belajar Bahasa Arab memang tidaklah mudah. Terlalu banyak kosakata dan tata bahasa yang sulit dipelajari, apalagi bahasa arab belum menjadi bahasa sehari-hari masyarakat Indonesia. Namun anda tidak perlu khawatir, di zaman yang serba modern ini anda dapat mempelajari bahasa arab dengan mudah melalui berbagai aplikasi android yang dapat anda unduh secara gratis. Apa saja? Simak beberapa aplikasi belajar bahasa arab paling direkomendasikan berikut ini.

Daftar Rekomendasi Aplikasi belajar Bahasa Arab

 

Duolingo

Duolingo merupakan aplikasi pembelajaran bahasa arab yang sangat populer di dunia, apalagi aplikasi ini dapat diakses secara gratis. Sistem pembelajaran yang ada di aplikasi ini setara dengan pembelajaran universitas.

Bahkan pihak pengembang dari aplikasi ini mengklaim, belajar 34 jam pada aplikasi Duolingo dapat dibandingkan dengan belajar selama 1 semester di universitas. Banyak guru dan tenaga pendidik yang menyarankan aplikasi ini untuk belajar bahasa arab bagi murid-muridnya.

Tampilan dari aplikasi ini juga simple dan menyenangkan. Menariknya lagi, aplikasi ini memiliki fitur berupa indikator hasil belajar selama anda menggunakan aplikasi ini, jadi anda bisa memantau perkembangan pembelajaran anda. Melalui aplikasi ini juga, ketika anda memberikan jawaban yang salah maka aplikasi akan memberitahu bagaimana cara menyelesaikannya dengan benar.

 

Memrise

Aplikasi Memrise selama ini mungkin banyak dikenal sebagai aplikasi belajar bahasa inggris. Padahal, aplikasi ini juga memiliki fitur belajar bahasa arab yang tak kalah bagus. Aplikasi ini cocok digunakan untuk para generasi milenial yang ingin belajar bahasa arab secara fleksibel.

Aplikasi ini sangat cocok untuk anda yang sibuk namun ingin belajar bahasa arab. Untuk anda yang sedikit sungkan belajar dengan native speaker berbahasa arab, aplikasi ini juga menyediakan guru dari Indonesia jika anda mau. Dalam aplikasi ini, anda bisa memilih siapa guru anda dan materi apa yang ingin anda pelajari.

Anda juga bisa mengatur kapan waktu anda belajar dan berapa lama. Aplikasi Memrise tidak menyediakan materinya sendiri, guru anda yang akan menyediakan materi sehingga setiap pengguna tidak akan mendapatkan materi yang sama.

[artikel]

 

Mondly

Aplikasi Mondly merupakan aplikasi belajar bahasa arab yang berfokus pada pengajaran percakapan serta memperbaiki tata bahasa dari penggunanya.

Selain itu, aplikasi ini juga banyak memberikan kosakata harian yang bisa anda pelajari dengan mudah. Tidak hanya materi, aplikasi Mondly juga memiliki fitur berupa statistik belajar dan leaderboard motivasi agar anda bisa mengukur capaian belajar anda selama menggunakan aplikasi ini.

Baca Juga  4 Aplikasi Edit Video Android Offline Yang Direkomendasikan

Aplikasi ini menawarkan layanan gratis dengan fitur terbatas, namun jika anda serius belajar bahasa arab, anda bisa menyediakan fitur berbayar dengan berbagai keuntungan didalamnya.

 

Kaleela

Aplikasi Kaleela (baca: Kalila) merupakan aplikasi yang cocok digunakan oleh anda yang baru belajar bahasa arab dari basic. Aplikasi dapat diakses secara online secara gratis. Pada aplikasi ini anda juga akan diajarkan sedikit budaya Arab secara umum.

Materi pembelajarannya pun beragam, yang pertama adalah belajar Alfabet Arab. Disini anda akan diajarkan cara penulisan huruf arab, cara melafalkannya dengan benar, dasar-dasar hurufnya, bentuk bacaannya serta vokal panjang pendeknya. Kemudian ada fitur belajar bahasa arab dengan standar modern.

Fitur ini dirancang untuk mengajarkan dasar-dasar bahasa arab, kosa kata sehari-hari serta percakapan bahasa arab dengan standar modern. Selain standar modern, anda juga bisa mempelajari bahasa arab dengan dialek Mesir atau dialek Palestina-Yordania loh. Sangat menarik bukan?

 

Learn Arabic

Aplikasi Learn Arabic menawarkan banyak fitur lengkap untuk belajar bahasa arab. Yang paling diunggulkan dari aplikasi ini adalah kosakata dan percakapan dalam bahasa arab yang dilengkapi dengan audio berkualitas tinggi oleh native speaker bahasa arab langsung sehingga terjamin kebenarannya. Aplikasi ini juga dapat diakses sepenuhnya secara offline sehingga anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk kuota.

Drops: Learn Arabic Language and Alphabets for Free

Aplikasi Drops merupakan aplikasi yang cukup populer bagi anda yang ingin belajar bahasa arab dengan cepat. Aplikasi ini mengklaim dapat membuat penggunanya menguasai beberapa materi bahasa arab hanya dengan meluangkan waktu selama 5 menit saja.

[artikel]

Aplikasi ini memiliki lebih dari 1000 kosa kata yang disusun sedemikian rupa sehingga mudah untuk anda hafalkan. Aplikasi ini juga memiliki berbagai materi yang tidak membosankan karena disuguhkan dengan konten visual yang menarik. Pentingnya lagi, aplikasi ini dapat diakses secara offline dan tentunya tanpa dipungut biaya apapun alias gratis.

Learn Arabic. Speak Arabic

Aplikasi yang satu ini akan membantu anda belajar bahasa Arab dengan sangat cepat. Pasalnya, aplikasi ini menyediakan banyak kosakata bahasa arab yang dapat anda hafal dalam hitungan menit saja.

Selain menghafal kosakata, dalam aplikasi ini juga tersedia materi berupa membaca, menulis, berbicara dan masih banyak lagi. Aplikasi besutan ATi Studios ini menyediakan fitur yang dapat mengenali suara pengguna sehingga dapat mengoreksi pengucapan kata bahasa arab anda secara langsung. Anda juga akan diajarkan tata cara pengucapan bahasa arab yang lebih jelas dan benar.

Baca Juga  Cara Mudah Mengatur Memori HP di WhatsApp

Pintar Bahasa Arab Sehari-hari

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang berisi materi- materi pembelajaran bahasa arab yang praktis dan mudah digunakan.

Aplikasi dari Sodadev ini, menawarkan banyak materi mulai dari percakapan, kamus kosakata bahasa arab, kitab Nadhom imitri, hingga pembelajaran Nahwu Shorof yang dikemas secara sederhana sehingga mudah untuk dipelajari.

Secil Belajar Bahasa Arab + Suara

Aplikasi yang satu ini, sebenarnya memang bertujuan untuk mengajarkan bahasa arab pada anak-anak. Materinya sangat menarik karena dilengkapi dengan gambar gambar berwarna serta audio yang menyenangkan. Terdapat pula permainan serta pembelajaran interaktif lainnya yang tidak akan membuat anak mudah bosan saat belajar. Aplikasi ini memiliki beberapa bab yang bisa dipilih sesuai dengan kegemaran anak.

[artikel]

FunEasyLearn Belajar Bahasa Arab

FunEasyLearn merupakan aplikasi yang juga ditujukan untuk anak-anak yang ingin belajar bahasa arab. Denan mendownload aplikasi ini, anda akan dibimbing menulis, membaca serta berbicara dalam bahasa arab.

Aplikasi ini banyak disertai dengan gambar gambar menarik yang tidak akan membuat anak bosan saat belajar. FunEasyLearn juga menyediakan berbagai permainan menarik yang bisa anda coba bersama si kecil.

Kamus Arab Indonesia

Tidak dapat dimungkiri, kamus merupakan salah satu kunci utama dalam belajar bahasa asing. Kamus akan membantu anda menghafalkan berjuta-juta kata yang akan anda tuangkan dalam kalimat sehingga dapat melakukan percakapan dengan bahasa asing. Untuk itu, saat belajar bahasa arab, penting bagi anda untuk mendownload Kamus Arab Indonesia. Kamus ini menyediakan ratusan kosa kata bahasa arab yang dapat anda andalkan.

Itulah tadi berbagai aplikasi belajar bahasa arab yang bisa anda unduh di Play Store secara gratis. Aplikasi-aplikasi tersebut dijamin dapat membantu anda belajar bahasa arab dengan mudah. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga selamat belajar!