pada proses perkembangbiakan generatif embrio mendapatkan makanan dari

pada proses perkembangbiakan generatif embrio mendapatkan makanan dari

Pada proses reproduksi generatif, embrio mendapatkan makanan dari endosperma. Endosperma adalah jaringan penyimpanan makanan penting yang ditemukan di dalam biji yang mengandung pati, lemak, dan protein.

 

Pembahasan

Biji merupakan bagian penting dari tumbuhan yang dihasilkan dalam proses generatif tumbuhan. Hampir semua tumbuhan berbunga menghasilkan biji. Biji ini merupakan hasil pembuahan putik oleh bunga yang mengandung benang sari.

Secara umum biji memiliki tiga bagian penting yaitu kulit terluar, cadangan makanan, dan embrio.

  1. Kulit terluar biji biasa disebut testa terbentuk selama proses pembentukan benih dengan modifikasi sel telur intergumen. Sel malpighi ditemukan di beberapa jenis kulit biji. Sel malpighi adalah jenis sel yang menyerupai pagar, tanpa celah di antara mereka. Kulit biji biasanya terdiri dari zat selulosa, lignin dan kitin.
  2. Cadangan makanan/Kotiledon, semua biji harus memiliki cadangan makanan. Bahkan beberapa tumbuhan menyimpan makanannya sebagai biji. Cadangan makanan ini membantu meningkatkan penyerapan biji untuk air dan nutrisi yang berguna untuk pertumbuhan tanaman. Biji akan berkembang sampai dapat membentuk akar.
  3. Embrio adalah bagian dari benih dari mana tanaman mulai tumbuh. Embrio ini merupakan hasil pertemuan seksual antara gamet jantan dan betina. Posisi embrio itu sendiri di dalam biji berada di inti biji dan dikelilingi oleh cadangan nutrisi. Embrio akan berkembang menjadi radikula atau calon akar dan kotiledon atau bakal daun.
Baca Juga  Tata urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia yang paling tinggi adalah?