Jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah

Inilah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah

Jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah beras, jagung, gandum dan sagu (D). Zat makanan yang menghasilkan energi tertinggi untuk satuan berat yang sama adalah lemak (D). Makanan yang paling cocok untuk segera memulihkan kondisi tubuh adalah air gula (C). Lambung atau ventrikulus pada manusia terletak di rongga perut sebelah kiri (A). Naiknya kandungan glukosa didalam darah menunjukan bahwa makanan telah mencapai usus halus (C).

Pembahasan

Nutrisi makanan merupakan zat yang dibutuhkan oleh makhluk hidup sebagai sumber energi, mempertahankan kesehatan tubuh, pertumbuhan, dan juga untuk keberlangsungan fungsi normal pada jaringan dan organ tubuh.  Makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung enam jenis nutrisi penting bagi tubuh, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.

Makanan makronutrien meliputi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Adapun makanan mikronutrien, meliputi makanan yang mengandung vitamin, mineral, dan air.  Karbohidrat, protein, dan lemak dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak, sedangkan vitamin dan mineral dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sedikit.

Makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak perlu melalui proses pencernaan terlebih dahulu sebelum diserap oleh tubuh. Adapun vitamin, dan mineral dapat diserap langsung oleh tubuh.

Berikut ini merupakan macam-macam zat makanan dan fungsinya pada manusia sebagai berikut:

1.  Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama untuk tubuh. Satu gram karbohidrat menghasilkan sekitar 4,1 kilo kalori (kkal).

Berdasarkan jenisnya, karbohidrat dibedakan menjadi tiga, yaitu monosakarida, oligosakarida dan polisakarida. Monosakarida dan oligosakarida disebut juga sebagai karbohidrat sederhana, contohnya buah-buahan, madu, dan susu. Adapun serat (daun-daunan) dan pati disebut sebagai karbohidrat kompleks (polisakarida). Pati banyak ditemukan dalam umbi-umbian, seperti ketela pohon dan makanan yang terbuat dari biji-bijian.

Baca Juga  Sifat totipotensi merupakan kemampuan sel sel tumbuhan untuk

2.  Protein

Protein dibutuhkan oleh tubuh sebagai penghasil energi (1 gram = 4,1 kilo kalori), untuk pertumbuhan, dan mengganti sel-sel tubuh yang telah rusak, pembuat enzim dan hormon, dan pembentuk antibodi (sistem kekebalan tubuh).

Protein merupakan molekul besar yang terdiri dari sejumlah asam amino. Protein bersumber dari hewan (protein hewani) atau dari tumbuhan (protein nabati). Bahan makanan yang mengandung protein hewani, antara lain daging, ikan, telur, susu, dan keju. Adapun contoh protein nabati adalah kacang, kedelai, kacang hijau, dan jenis kacang-kacangan lainnya.

3.  Lemak

Lemak atau lipid merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh karena merupakan sumber energi terbesar pada tubuh. Lemak menyediakan energi sebesar 9,3 kkal/gram, mampu melarutkan vitamin A, D, E, dan K, dan berfungsi dalam menyediakan asam lemak esensial bagi tubuh.

Lemak terdapat di biji-bijian seperti kelapa sawit, kelapa maupun kedelai. Selian itu lemak juga terdapat pada hewan seperti daging (gajih) dan jerohan.

4.  Vitamin

Vitamin dibutuhkan dalam jumlah sedikit pada tubuh, akan tetapi vitamin diperlukan untuk mengatur fungsi tubuh dan mencegah dari beberapa penyakit.

Vitamin dikelompokkan menjadi dua macam yaitu vitamin yang larut dalam air (vitamin B dan C) dan vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E, dan K). Vitamin banyak terdapat di sayur dan buah.

5.  Mineral

Mineral berguna untuk menjaga kestabilan asam basa pada tubuh, membantu dalam proses pembangunan sel, membantu reaksi kimia tubuh, mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, dan membentuk serta memelihara tulang.  Contoh mineral yang dibutuhkan antara lain kalsium (Ca), besi (Fe), natrium (Na), seng (Zn), maupun kalium (K). Mineral banyak terdapat pada garam, sayur dan buah.

Baca Juga  Teknik pengolahan bahan lunak dari lilin yaitu dengan menggunakan teknik

6. Air

Air dibutuhkan oleh tubuh sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh, pengatur suhu tubuh, pelarut zat-zat gizi lain dan membantu dalam proses pencernaan makanan, sebagai pelumas, media transportasi, dan media pengeluaran sisa metabolisme.

Detil jawaban

Kelas: 11

Mapel: Biologi

Bab: Struktur dan Fungsi Sel pada Sistem Pencernaan  

Kode: 11.4.6

Kata kunci: zat makanan, jumlah energi lemak, jumlah energi zat makanan

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah Semoga Membantu.