Ilmu kimia adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Ilmu kimia adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang

Kimia adalah ilmu pengetahuan alam yang mempelajari berbagai hal tentang materi, salah satu contohnya adalah struktur materi, sifat materi, wujud materi, perubahan materi, penggolongan materi, susunan materi dan energi yang menyertai perubahan perubahan tersebut.

Pembahasan

\boxed\boxed\boldHakikat~Ilmu~Kimia  

Apa kalian sering memperhatikan apa saja yang berasa disekitar kita yang berhubungan dengan kimia? Hal yang paling mudah adalah udara yang kita hirup, mengandung campuran oksigen, nitogen dan gas lainnya. Bahan penyedap masakan, pewarna makanan, dan bahan pengawet makanan juga merupakan contoh lain bakan kimia. Atau baju yang kita pakai merupakan serat sintetis atau serat alami (polimer). Buku yang kita gunakan untuk menulis berasal dari selulosa.

Hakikat ilmu kimia adalah benda – benda yang ada disekitar kita yang dapat mengalami perubahan bentuk atau susunan partikelnya menjadi bentuk lain sehingga menyebabkan terjadi perubahan sifat dari sifat asalnya. Jadi, Ilmu kimia adalah ilmu pengetahuan alam yang mempelajari berbagai hal tentang materi, salah satu contohnya adalah struktur materi, sifat materi, wujud materi, perubahan materi, penggolongan materi, susunan materi dan energi yang menyertai perubahan perubahan tersebut.

Adapun manfaat yang dapat kita peroleh dari mempelajari ilmu kimia. Salah satunya adalah kita dapat mengetahui perubahan atau proses yang terjadi di alam sekitar, agar kita dapat memantau perubahan/proses yang terjadi demi keuntungan manusia dan lingkungan sekitar. Selain hal tersebut, dari mempelajari ilmu kimia kita juga dapat memanfaatkan bahan – bahan yang ada di alam dan diubah menjadi produk yang dapat bermanfaat bagi kebutuhan manusia. Sabun, pasta gigi, deterjen, shampo, make up, bensin, obat – obatan, bumbu masakan, itu semua merupakan hasil dari kita mempelajari ilmu kimia. Selain itu, dalam bidang teknologi juga terdapat peran ilmu kimia seperti mesin pendingin, pesawat terbang, mobil. Semua hal tersebut memerlukan ilmu kimia agar dapat membantu kebutuhan manusia.

Baca Juga  Tempat foto yang biasanya dipajang di dinding adalah

Peranan ilmu kimia dalam berbagai bidang yaitu

1. Bidang pertanian

Manfaat ilmu kimia dalam bidang pertanian adalah dalam produksi pupuk berfungsi menyuburkan tanah dan pestisida berfungsi untuk membasmi hama penyakit. Dalam pembuatannya kita mempelajari komposisi senyawa untuk membuat pupuk atau pestisida. Dalam proses pembuatan tentu diperlukan ilmu biologi. Selain itu, tanaman yang kita tanam juga memerlukan unsur hara (C, H, O, N, P, Ca, S, P, K, Mg) yang terkandung di dalam tanah untuk pertumbuhan tanaman.

2. Bidang biologi

Ilmu kimia bermanfaat dalam mempelajari interaksi dan proses yang berlangsung pada makhluk hidup, contohnya adalah fotosintesis, pernapasan, pencernaan makanan dalam tubuh, dan lain-lain. Untuk mempelajari seluruh interaksi dan proses yang berlangsung tersebut, kita juga memerlukan ilmu kimia mengenai struktur dan sifat senyawa contohnya karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan lain – lain.

3. Bidang industri

Untuk bidang industri, kita mengenal semen, cat, tekstil, makanan, minuman, plastik, beberapa produk industri tersebut dibuat dengan riset dari pengetahuan ilmu kimia.

\mathbfPelajari~Lebih~Lanjut  

 

              \boxed\bigstar\boxed\boldSemoga~Membantu\boxed\bigstar              

              \boxed\bigstar\boxed\boldionkovalen\boxed\bigstar

\mathbfDetil~Jawaban  

Mapel : Kimia

Bab : Hakikat Ilmu Kimia

Kelas : X

Semester : 1

Kode : 10.7.1

Kata kunci : hakikat ilmu kimia, ilmu kimia, kimia

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Ilmu kimia adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang Semoga Membantu.