Silia pada trakea berfungsi untuk

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Silia pada trakea berfungsi untuk

Silia merupakan sel sel yang melapisi Trakea yang berfungsi menangkap kuman yang masuk bersama udara pernapasan . (Opsi E)

Pembahasan

Organ – organ Pernapasan

Udara masuk kedalam tubuh melalui saluran – saluran  pernapasan, yaitu :

1 Hidung (Nasal)

Rongga ada hidung merupakan saluran pernapasan yang dilalui udara pernapasan. Pada bagian dalam rongga hidung terdapat rambut – rambut hidung. dan fungsi rongga hidung yaitu sebagai :

  • Sebagai saluran udara pernapasan.
  • Menyaring udara pernapasan yang dilakukan oleh rambut – rambut halus pada hidung.
  • Menghangatkan udara yang masuk, dilakukan oleh mukosa dalam rongga hidung.
  • Membunuh kuman dan bakteri yang ikut masuk bersama udara pernapasan, dilakukan oleh leukosit yang terdapat pada selaput lendir.

2. Tekak (Faring)

Merupakan persimpangan antara jalan pernapasan dan jalan makanan, yaitu tenggorakan dan kerongkongan. Pada bagian ini terdapat katup penutup rongga hidung yang kita sebut sebagai anak tekak, dan katup pangkal tenggorokkan yang kita kenal sebagai epiglotis. Mekanismenya yaitu, anak tekak akan menutup rongga hidung dan epiglotis akan menutup tenggorakan saat menelan makanan.

3. Pangkal Tenggorokan (Laring)

terletak pada bagian depan faring , yang didalamnya terdapat pita suara, yang dapat menghasilkan suara saat ada yang melalui.

4. Batang Tenggorokan (Trakea)

Terbentuk atas tulang rawan seperti cincin, bagan dalam trakea ini dilapisi sel sel silia yang berfungsi menangkap kuman maupun benda asing lainnya yang terikut masuk bersama udara pernapasan.

Baca Juga  Pengertian pencemaran air yang paling tepat adalah

5. Cabang Tenggorokan (Bronkus)

Merupakan percabangan dari trakea sehingga memiliki striktur dan jenis sel yang  sama seperti trakea, bronkuskiri lebih panjang dan ramping dari bronkus kanan, Kedua bronkus ini bercabang – cabang lagi yang disebut dengan bronkioli. pada Ujung Bronkioli terdapat alveoli (gelembung paru – paru)

6. Paru – paru

Yang merupakan organ paling penting dalam sistem pernapasan. Paru – paru terdiri atas alveoli (dalam jumlah jamak disebut alveolus) yang berfungsi sebagai tempat pertukaran udara (O2 dan CO2) secara difusi.

Pelajari materi Lebih Lanjut pada :

Detail Jawaban  

Kelas  : 11

Mapel : Biologi  

Bab     : 7

Materi : Sistem Pernapasan

Kode   : 11 . 4 . 7  

Kata Kunci :

Fungsi Silia, Trakea, Sistem Pernapasan. Saluran pernapasan.

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Silia pada trakea berfungsi untuk Semoga Membantu.