Sistem yang berkaitan langsung dengan respirasi adalah sistem

Berikut Ini adalah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Sistem yang berkaitan langsung dengan respirasi adalah sistem

Sistem organ yang berkaitan langsung dengan sistem respirasi adalah sistem sirkulasi atau peredaran darah.

Pembahasan

Sistem pernapasan atau respirasi adalah sistem organ yang melaksanakan fungsi pernapasan dan terdiri atas beberapa organ respirasi mulai dari hidung, tenggorokan, paru-paru, alveolus, dan bronkus. Yang disebut respirasi adalah proses memasukkan dan mengeluarkan udara dari dan ke dalam tubuh. Udara yang dihirup masuk memiliki kandungan oksigen yang tinggi, sedangkan udara keluar kaya akan kandungan karbondioksida.

Dalam respirasi, oksigen yang didapatkan melalui mekanisme inspirasi digunakan untuk memroses zat-zat makanan agar menghasilkan energi. Sebagai sisa metabolisme, tubuh akan mengeluarkan (ekspirasi) karbondioksida dan uap air. Proses ini melibatkan organ paru-paru, yang di dalam organ ini darah akan mengikat oksigen sembari melepas karbondioksida.

Pengikatan serta pelepasan oksigen dilakukan oleh plasma darah dan hemoglobin, dalam pembuluh nadi paru-paru yang disebut juga sebagai arteri pulmonalis.

Kesimpulannya, sistem respirasi berhubungan langsung dengan sistem peredaran darah atau sirkulasi. Sebab oksigen dari paru-paru didistribusikan ke seluruh tubuh melalui peredaran darah, demikian juga karbondioksida di seluruh tubuh diangkut menuju ke paru-paru.

Pelajari lebih lanjut

Detil Jawaban

Kelas: XI

Mapel: Biologi

Bab: Sistem Pernapasan

Kode: 11.4.7

Kata Kunci: respirasi, sirkulasi, sistem pernapasan, peredaran darah

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Sistem yang berkaitan langsung dengan respirasi adalah sistem Semoga Bermanfaat.

Baca Juga  Bahasa inggris hari senin selasa rabu kamis jumat sabtu minggu