apa yang dimaksud dengan unisono

apa yang dimaksud dengan unisono

jawaban

Yang dimaksud dengan unisono adalah teknik bernyanyi dengan satu suara atau satu nada yang dinyanyikan oleh banyak orang.

 

Pembahasan

Pengertian

Istilah unisono sebenarnya cukup populer dalam bidang musik. Istilah ini dikenal sebagai teknik bernyanyi dan bermain alat musik namun lebih sering diterapkan dan melekat untuk menyanyikan sebuah lagu.

Kata unisono berasal dari bahasa Italia “uni” yang berarti satu dan “sono” yang berarti suara, bisa juga diartikan sebagai satu suara. Dalam paduan suara, terdapat berbagai jenis suara tenor, sopran, alto dan bas. Apabila notasi lagu bertemu dengan tanda “unisono”, maka yang terjadi adalah semua suara akan melebur menjadi satu atau dinyanyikan bersama-sama. Selain itu, teknik menyanyi menggunakan satu suara ini juga bisa berarti hanya menggunakan suara pria atau hanya menggunakan suara wanita. Banyak masyarakat di berbagai suku di Indonesia yang menyanyikan lagu daerahnya dengan teknik ini.

 

Teknik vokal

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyanyi, khususnya menyanyi menggunakan teknik unisono yaitu intonasi, artikulasi, phrasering, pernafasan, resonasi, dan sikap badan.

  • Intonasi

Intonasi adalah tinggi atau rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat.

  • Artikulasi

Artikulasi, juga sering disebut dengan pengucapan, adalah cara mengucapkan kata-kata sambil bersuara. Dalam KBBI, artikulasi dapat diartikan sebagai lafal, pengucapan kata, dan perubahan rongga dan ruang dalam saluran suara untuk menghasilkan bunyi bahasa.

  • Phrasering

Phrasering adalah sejumlah birama yang merupakan satu kesatuan dan diakhiri dengan jelas dengan perhentian sementara yang disimbolkan dengan koma di tengah kalimat dan perhentian yang disimbolkan dengan titik.

  • Pernafasan
Baca Juga  harmoni sederhana disebut

Pernafasan adalah salah satu unsur penting dalam bernyanyi karena untuk memperoleh kemampuan pernafasan yang baik memerlukan waktu yang lama. Teknik pernafasan pun ada beberapa macam, yaitu:

  • Pernapasan Dada

Pernafasan dada adalah teknik pernafasan yang dilakukan dengan cara mengisi udara ke dalam paru-paru bagian atas. Teknik ini sebenarnya kurang baik digunakan dalam bernyanyi.

1. Pernapasan Perut

Pernafasan perut adalah teknik yang dilakukan dengan cara menggembungkan perut dan membesarkan rongga perut agar udara dari luar masuk memenuhi perut. Teknik ini tidak tahan lama sehingga juga kurang menguntungkan untuk bernyanyi karena paru-paru menjadi cepat lemah dan lelah.

2. Pernapasan Diafragma

Teknik pernafasan ini terletak pada sekat rongga dada dan rongga perut. Teknik ini merupakan teknik yang dapat dilakukan dengan cara udara yang ada di paru-paru ditahan dengan tidak merasa lelah sehingga nafas dapat dikeluarkan secara hemat dan teratur oleh diafragma dan otot-otot punggung bagian samping kiri dan kanan.

  • Resonasi

Resonasi adalah usaha untuk memperindah suara dengan menggunakan rongga udara yang juga bergetar di sekitar mulut dan tenggorokan.

  • Sikap badan

Sikap badan yang baik saat bernyanyi adalah berdiri atau duduk dalam posisi tegak sehingga memberikan keleluasaan pada proses pernafasan dan akan mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan.