Senyawa alkuna yang digunakan untuk mengelas besi adalah

Adalah Jawaban Soal Ujian Tentang Senyawa alkuna yang digunakan untuk mengelas besi adalah

Senyawa alkuna yang sering digunakan untuk mengelas logam, memiliki nama … etuna atau asetilena … dan rumus molekul . . .  C2H2

Pembahasan:

Asetilena, atau dengan nama IUPAC etuna, adalah senyawa kimia dari kelompok alkuna dengan rumus C2H2.

Alkuna adalah senyawa hidrokarbon yang memiliki ikatan rangkap tiga (≡). Asetilena adalah senyawa alkuna paling sederhana.

Asetilena tidak stabil dalam bentuknya yang murni dan karenanya biasanya disimpan dan digunakan sebagai campuran. Gas asetilena memiliki sifat tak berwarna dan digunakan dalam berbagai hal.

Asetilena adalah gas terpanas dan paling efisien dari semua gas bahan bakar, melepaskan energi hingga 11,8 kiloJoule / gram. Asetilena juga membutuhkan oksigen dalam jumlah sedikit untuk melakukan pembakaran sempurna dengan sisa pembakaran sedikit.

Suhu pembakaran yang dihasilkannya juga sangat panas. Pembakaran asetilena dengan oksigen menghasilkan api dengan suhu lebih dari 3600 K (3.330 ° C).

Asetilena bersifat lebih ringan dari udara sehingga tidak menumpuk sehingga tidak menyebabkan bahaya ledakan.

Sifat-sifat ini membuat asetilena banyak digunakan pada pengelasan dan pemotongan logam. Sekitar 20 persen pasokan asetilena digunakan untuk pengelasan dan pemotongan logam ini.

Asetilena juga digunakan untuk penerangan bawah tanah, untuk memproduksi plastik dan meningkatkan pembentukan bunga baru pada tanaman.

———————————————————————————————

Detail Jawaban      

Kode: 7.7.5

Kelas: VII

Mata pelajaran: Kimia

Materi: Bab 5 – Karakteristik Zat

Kata kunci: Alkuna, Etuna, Asetilena

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Senyawa alkuna yang digunakan untuk mengelas besi adalah Semoga Membantu.

Baca Juga  Seorang pelari dianggap masuk finish apabila