Aluminium sering digunakan sebagai bahan untuk membuat panci karena

Inilah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Aluminium sering digunakan sebagai bahan untuk membuat panci karena

Aluminium sering digunakan sebagai bahan untuk membuat panci karena  …

  1. tahan karat, meski terkena air
  2. dapat menghantarkan panas (bersifat konduktor panas)
  3. ringan
  4. mudah didapat dan murah
  5. mudah ditempa menjadi berbagai bentuk

Pembahasan:

Aluminium (dengan simbol unsur Al), adalah salah satu unsur logam. Logam ini berwarna putih keperakan, lentur dan lunak.

Aluminium digunakan dalam berbagai macam produk termasuk kaleng, panci, lembaran aluminium foil untuk memanggang, peralatan dapur, bingkai jendela dan bagian-bagian pesawat.  

Aluminium memiliki konduktivitas panas yang tinggi serta memiliki ketahanan korosi yang sangat baik (tahan karat) sehingga cocok digunakan untuk keperluan memasak dan yang berkenaan dengan air, seperti di dapur.

Aluminium merupakan unsur yang terbesar ketiga di kerak bumi setelah oksigen dan silikon, dan membentuk 8% dari litosfer. Aluminium terdapat dalam bentuk senyawa aluminium oksida (Al₂O₃) yang merupakan senyawa aluminium yang paling banyak ditemukan. Karena itu, logam aluminium mudah didapat dan murah harganya.

Selain itu, bahan aluminium mudah diolah, karena titik lebur yang relatif rendah untuk logam, sekitar 660 °C, sehingga logam ini mudah ditempa menjadi bentuk diinginkan.

Aluminium adalah logam bersifat ringan karena hanya memiliki nomor massa 27. Sehingga produk aluminium bersifat ringan dan tidak memberatkan ketika dipakai.

—————————————————————————

Detail Jawaban:

Kelas: VII  

Kode: 7.7.5  

Mata pelajaran: Kimia  

Materi: Bab 5 – Karakteristik Zat

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Aluminium sering digunakan sebagai bahan untuk membuat panci karena Semoga Membantu.

Baca Juga  Alat alat yang dibutuhkan dalam pembuatan video presentasi kecuali