Seorang pelari dianggap masuk finish apabila

Inilah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Seorang pelari dianggap masuk finish apabila

Pengertian lari jarak pendek atau sprint adalah jenis olahraga yang dilakukan dengan mengandalkan kekuatan dan kecepatan penuh sepanjang garis lintasan dari start hingga finish. Pemenang lomba ini ditentukan berdasarkan catatan waktu yang paling singkat.

Penjelasan:

Seorang pelari dianggap sudah menyelesaikan perlombaan jika sudah mencapai garis finish, yaitu ketika bagian-bagian tubuhnya sudah berada dalam bidang vertikal dari sisi terdekat garis finish sesuai aturan dan garis yang sudah ditentukan. Yang dimaksud bagian tubuh adalah kepala, leher, lengan, dan kaki.  

Mendekati Garis Finish

  • Ketika garis finish sudah mulai terlihat jelas, percepat gerakan lari sambil tetap fokus.
  • Pusatkan pikiran Anda hanya untuk mencapai garis finish, fokuskan pandangan ke depan, dan jangan pernah menengok ke kiri dan kanan.
  • Jangan sekali-kali melompat karena hal itu akan memperlambat kecepatan berlari Anda.
  • Saat garis finish tinggal 10 meter lagi, jaga gerakan agar tetap stabil.

Melewati Garis Finish

Terdapat tiga gerakan yang perlu dilakukan seorang pelari pada saat melewati garis finish. Berikut ini ketiga gerakan yang dimaksud dan cara melakukannya.

  • Menjatuhkan Dada ke Depan

Caranya adalah dengan terus berlari dan ketika sudah mendekati garis finish, dada dicondongkan ke depan, sedangkan kedua tangan diayunkan ke bawah belakang atau biasa disebut “the lunge”.

  • Menjatuhkan Salah Satu Bahu ke Depan

Teknik ini dilakukan dengan cara memutar dada dengan ayunan tangan ke arah depan atas sehingga sebelah bahu maju ke depan atau disebut juga “the shruge”.

Baca Juga  Nama domain yang digunakan untuk badan pemerintah yaitu

Untuk teknik ketiga ini, tidak ada gerakan khusus yang perlu dilakukan menjelang garis finish. Yang perlu Anda lakukan adalah berusaha berlari secepat mungkin melebihi lawan.

Pelajari Lebih Lanjut  :

  1. Penjelasan mengenai materi tentang : Jelaskan tiga macam teknik memasuki garis finish pada lari jarak pendek – dapat dilihat pada link berikut : brainly.co.id/tugas/16274062
  2. Penjelasan mengenai materi tentang : Jelaskan cara memasuki garis finish lari jarak pendek – dapat dilihat pada link berikut : brainly.co.id/tugas/4629151
  3. Penjelasan mengenai materi tentang : Jelaskan cara dan teknik memasuki garis finish lari jarak pendek – dapat dilihat pada link berikut : brainly.co.id/tugas/929284

————————————————–

Detail Jawaban

Kelas : X

Mapel : Penjaskes

Bab : 2

Kode : 10.22 2

Kata Kunci : cara, olahraga, finish

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Seorang pelari dianggap masuk finish apabila Semoga Membantu.