Seng dipilih sebagai pelapis besi untuk mencegah terjadinya korosi karena

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Seng dipilih sebagai pelapis besi untuk mencegah terjadinya korosi karena

Seng sering dipilih sebagai pelapis besi untuk mencegah terjadinya korosi karena…. seng digunakan untuk perlindungan karat secara galvanisasi, karena memiliki laju oksidasi lebih tinggi  dari besi

Pembahasan:  

Korosi adalah reaksi oksidasi logam, terutama besi atau Fe. Korosi besi reaksinya bisa dituliskan dengan:    

2 Fe + 3 O2 -> Fe2O3  

Logam lainya seperti Seng (Zn) memiliki laju reaksi oksidasi dan pengkaratan lebih cepat dari besi. Karenanya seng bisa dijadikan lapisan logam yang dikorban agar seng dan bukan besi yang berreaksi dengan oksigen dan berkarat. Methode pencegahan karat ini disebut galvanisasi.    

Seng sekarang merupakan logam keempat yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Hampir setengah dari semua seng yang diproduksi digunakan dalam proses galvanisasi seng untuk melindungi baja dan besi dari karat. Proses ini melibatkan pelapisan permukaan logam dengan lapisan seng tipis untuk menciptakan penghalang tahan korosi.  

Selain untuk melindungi besi dari pengkaratan, seng juga digunakan untuk membentuk paduan dengan tembaga untuk menghasilkan kuningan. Kuningan digunakan untuk bahan perhiasan dan perabotan.

————————————————————————————-

Detail Jawaban:      

Kode: 10.7.6

Kelas: X

Mata pelajaran: Kimia  

Materi: Bab 6 – Reaksi Redoks

Kata kunci: Oksidasi Logam atau Pengkaratan, Seng  

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Seng dipilih sebagai pelapis besi untuk mencegah terjadinya korosi karena Semoga Membantu.

Baca Juga  Apa yang dimaksud teks nonfiksi