Salah satu cara mencegah terjadinya korosi pada menara adalah

Inilah Jawaban Soal Ujian Tentang Salah satu cara mencegah terjadinya korosi pada menara adalah

Salah satu cara mencegah terjadinya korosi pada menara

  1. Mengecat dan melapisi dengan pelumas untuk mengindari kontak dengan oksigen  
  2. Perlindungan katodik: dilapisi dengan logam pencegah karat seperti tembaga  
  3. Perlindungan anodik: dilapisi dengan logam mudah berkarat yang membentuk lapisan penahan pengkaratan, seperti timah dan aluminium

Pembahasan:

Pengkaratan atau korosi adalah bereaksinya logam dengan oksigen di udara dan di air, dimana logam melepaskan elektron (mengalami oksidasi) sehingga menjadi oksida logam. Misalnya, besi (Fe) akan mengalami korosi sehingga menjadi karat, yang memiliki nama kimia besi (III) oksida, atau Fe₂O₃.

Sehingga untuk mencegah pengkaratan dapat dilakukan dengan mencegah kontak antara logam dengan oksigen agar reaksi oksidasi tidak dapat terjadi. Misalkan adalah dengan mengecat, serta menggunakan pelumas pada bagian pertemuan logam, seperti baut.  

Selain itu pencegahan karat juga dapat dilakukan dengan proses proteksi katodik dan proteksi anodik.

Proteksi katodik adalah proteksi terhadap karat dengan menjadikan lapisan logam menjadi katoda (kutub positif) sel volta, yang menerima elektron, sehingga tidak akan mengalami oksidasi atau pengkaratan. Pada metode ini, lapisan logam yang digunakan adalah lapisan tembaga (Cu).  

Perlindungan anodik adalah proteksi terhadap karat dengan pelapisan menggunakan logam yang bila membentuk karat akan membentu lapisan yang disebut film anodik, yang akan melindungi lapisan logam di bawahnya dari pengkaratan. Untuk metode ini, lapisan logam yang digunakan di luar pipa adalah logam magensium (Mg), aluminium (Al), timah (Sn) atau seng (Zn).

Detail Jawaban:

Kelas: X

Kode: 10.7.6

Mata pelajaran: Kimia    

Baca Juga  Sebutkan teknik dasar permainan bola kasti

Materi: Bab 6 – Reaksi Redoks

Kata kunci: Pencegahan Pengkaratan

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Salah satu cara mencegah terjadinya korosi pada menara adalah Semoga Membantu.