Contoh perpindahan kalor secara konveksi

Inilah Jawaban Soal Sekolah Tentang Contoh perpindahan kalor secara konveksi

5 contoh untuk perpindahan panas secara konveksi yaitu terjadinya angin darat dan laut, air ketika dipanaskan akan mendidih merata, asap pada cerobong akan bergerak naik, gerakan yang terjadi pada balon udara dan gerakan naik turun pada kedelai saat saat dipanaskan.

Pembahasan

Tiga cara perpindahan kalor yaitu perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi.

Perpindahan konduksi yaitu perpindahan kalor dengan zat perantara dan tidak disertai perpindahan partikel – partikel zat. Contoh untuk perpindahan kalor secara konduksi adalah ketika kita memanaskan salah satu ujung logam, maka ujung logam lainnya akan ikut panas, tutup panci akan terasa panas ketika digunakan untuk memasak, air akan mendidih ketika dipanaskan dengan panci logam, knalpot menjadi panas ketika mesinnya dihidupkan, sendok akan menjadi panas ketika dimasukan air panas dan lain sebagainya.

Perpindahan konveksi yaitu perpindahan kalor melalui suatu zat dan terjadi perpindahan pada zat- zat tersebut.

Perpindahan radiasi yaitu perpindahan kalor tanpa zat perantara. Sedangkan untuk contoh perpindahan kalor secara radiasi yaitu panas matahari yang sampai ke bumi, ketika kita duduk didepan api unggun badan menjadi hangat, baju yang dijemur menjadi kering dibawah sinar matahari dan lain sebagainya.

Pelajari lebih lanjut

Detil jawaban

Kelas: 7

Mapel: Fisika

Bab: suhu, pemuaian dan kalor

Kode: 7.6.7

Kata kunci: kalor, perpindahan kalor, konveksi, radiasi, konduksi

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Contoh perpindahan kalor secara konveksi Semoga Membantu.

Baca Juga  Induk organisasi bola basket dunia adalah