Tuliskan hasil olahan bahan tambang berikut dan manfaatnya bagi manusia

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tuliskan hasil olahan bahan tambang berikut dan manfaatnya bagi manusia

Hasil olahan bahan tambang berikut dan manfaatnya bagi manusia.

A.Emas: untuk perhiasan, mata uang, dan perangkat elektronik

B. Pasir: untuk bahan bangunan dan semen

C. Minyak bumi: untuk bahan bakar seperti bensin, solar dan avtus, serta bahan plastik, pelumas dan aspal

D. Alumunium: untuk alam masak, alat elektronik serta kemasan makanan dan minuman

Pembahasan:

A. Emas

Emas adalah unsur logam yang memiliki simbol Au (Aurum artinya emas dalam bahasa Latin). Emas memiliki nomor atom 79 dan massa atom 200.

Logam ini bersifat keras dan berat, memiliki reaktifitas sangat rendah, sehingga dapat berbentuk murni dan tidak mudah berkarat dan bereaksi dengan unsur lain, serta berwarna kuning keemasan dan berkilau.

Sifat ini membuat emas banyak digunakan sebagai perhiasan dan mata uang karena kilau warnanya dan sifat tahan terhadap karat.

Karena emas memiliki konduktifitas listrik dan panas sangat bagus, maka emas dapat digunakan pada perangkat elektronik.

2. Pasir

Pasir didapat dari pertambangan seperti di daerah aliran sungai. Apsir merupakan bahan penting dalam pembuatan bangunan. Pasir dicampur dengan semen, untuk menghasilkan beton, yang diperlukan dalam membuat gedung-gedung bertingkat.

3. Minyak bumi

Minyak bumi atau minyak mentah adalah campuran senyawa yang beragam. Sebagian besar berupa hidrokarbon (senyawa yang terutama terdiri dari hidrogen dan karbon), yang berbentuk cair.

Senyawa-senyawa ini kemudian dimurnikan dengan destilasi bertingkat, menghasilkan fraksi minyak bumi. Kebanyakan fraksi minyak bumi digunakan sebagai bahan bakar, seperti LPG, bensin, parafin, avtur, diesel dan minyak bakar.

Selain itu, sisa dari pengolahan minyak bumi menghasilkan pelumas dan aspal. Senyawa hidrokarbon di minyak bumi juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan plastik melalui polimerasi.

Baca Juga  Rumah adat dari ntt dihuni oleh suku

4. Alumunium

Alumunium adalah unsur logam dengan simbol Al (Aluminium), nomor atom 13 dan massa atom 27. Alumunium bersifat lunak, sangat ringan dan merupakan logam banyak ditemukan di bumi, setelah besi

Alumunium mudah dalam pengolahannya, berwarna putih mengkilat dan berkilau dan tahan karat, serta dapat ditempa dan mudah didaur ulang.

Dengan sifat tahan karat ini, aluminium banyak digunakan untuk alat masak yang harus bersentuhan dengan air seperti panci, serta untuk kemasan makanan dan minuman, seperti kaleng.

————————————————————————–

Detail Jawaban  

Kode: 5.10.4    

Kelas: V

Mata pelajaran: IPS/Geografi    

Materi: Bab 4 – Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Tuliskan hasil olahan bahan tambang berikut dan manfaatnya bagi manusia Semoga Membantu.