Logam logam berikut yang paling tahan terhadap korosi adalah

Adalah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Logam logam berikut yang paling tahan terhadap korosi adalah

Logam yang paling tahan terhadap korosi diantara kelima logam tersebut adalah Ni. KOrosi terjadi saat logam mengalami oksidasi. Logam yang tahan terhadap korosi berarti logam yang sukar dioksidasi.

Pembahasan

Korosi atau perkaratan adalah suatu reaksi redoks antara logam dengan dipengaruhi oleh keadaan lingkungannya. Berikut mekanisme dari terjadinya korosi:  

1) Logam menjadi anoda dan mengalami oksidasi.  

2) Faktor lingkungan menjadi katoda mengalami reduksi.

Faktor-faktor yang mempercepat terjadinya korosi di antaranya adalah:  

1) Kontak dengan oksigen dan air secara bersamaan.  

2) Kontak dengan larutan elektrolit (garam).  

3) pH rendah.  

4) Suhu tinggi.

Kalian dapat menentukan logam mana yang palng mudah mengalami korosi dengan mengetahui deret kereaktifan logam. Logam yang mudah teroksidasi merupakan logam yang paling mudah mengalami korosi. Sebaliknya, logam yang mudah tereduksi merupakan logam yang paling tahan terhadap korosi. Berikut deret kereaktifan logam, dengan pengetahuan bahwa logam yang paling tahan terhadap korosi merupakan logam yang terletak paling kanan.

Li K Ba Ca Na Mg Al Mn Zn Cr Fe Cd Co Ni Sn Pb (H) Sb Bi Cu Hg Ag Pt Au

Pada soal di atas diketahui beberapa logam yaitu Cr, Ni, Zn, Fe dan Al. Adapun yang ditanyakan adalah logam yang paling tahan terhadap korosi. Sesuai pembahasan sebelumnya logam yang palingtahan terhadap korosi adalah logam yang paling mudah mengalami reduksi/ paling sulit dioksidasi (posisi paling kanan pada deret volta. Di antara kelima logam tersebut yang paling sulit untuk dioksidasi adalah logam Ni karena memiliki potensial reduksi paling besar.

Baca Juga  Surat al ma un termasuk golongan surat

Jadi dapat disimpulkan bahwa logam yang paling tahan terhadap korosi adalah logam Ni (option B).

Detil jawaban

Kelas: XII

Mapel: Kimia

Bab: Redoks dan elektrokimia

Kode: 12.7.2

#AyoBelajar

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Logam logam berikut yang paling tahan terhadap korosi adalah Semoga Membantu.