Fungsi garam dalam pembuatan es krim

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Fungsi garam dalam pembuatan es krim

Fungsi garam pada pembuatan es krim adalah untuk menurunan titik beku es krim dengan memanfaatkan sifat koligatif larutan, agar eskrim mudah dinikmati

Pembahasan:

Suhu di mana cairan membeku (titik beku) atau mendidih (titik didih), akan berubah saat senyawa lain ditambahkan sebagai zat terlarut. Perubahan ini adalah salah satu dari sifat koligatif larutan.

Penurunan titik beu degan penambahan garam pada es krim akan membuat campuran es krim lebih lama cari, sehingga lebih mudah diaduk atau diratakan, dan juga membuatnya lebih dinikmati, daripada jika berbentuk beku.

Sifat koligatif adalah sifat larutan yang dipengaruhi besarnya jumlah zat terlarut terhadap pelarut, terlepas dari jenis zat terlarut tersebut. Sehingga tingkat perubahan terhadap titik beku dan titik didih tidak dipengaruhi oleh jenis zat yang terlarut, namun oleh banyak zat yang terlarut.

Perubahan titik beku dan titik didih ini terjadi karena zat terlarut yang ditambahkan mengikat molekul zat pelarut. Ikatan ini membuat lebih sulit bagi molekul ini untuk melepaskan diri, sehingga ketika dingin susah menjadi zat padat dan ketika dipanaskan susah menjadi gas. Maka titik beku menurun dan titik didih akan meningkat.  

————————————————————————————–

Detail Jawaban  

Kode:  12.7.1  

Kelas: XII  

Mata Pelajaran: Kimia  

Materi: Bab 1 – Sifat Koligatif Larutan

Kata Kunci: Penerapan Sifat Koligatif Larutan

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Fungsi garam dalam pembuatan es krim Semoga Membantu.

Baca Juga  Cara menghafal surat as syams dengan cepat