Apa fungsi garam untuk pembuatan es krim coba jelaskan

Berikut ini Jawaban Soal Sekolah Tentang Apa fungsi garam untuk pembuatan es krim coba jelaskan

Pada pembuatan es krim perlu ditambah garam dapur karena garam berfungsi untuk menurunkan suhu pada adonan es krim sehingga adonan tadi menjadi beku dan berbentuk es. Jika tidak diberi garam maka suhu adonan tadi tidak berubah dan tidak dingin karena tidak ada yang merubah suhu di adonan tersebut.

Pembahasan

Es krim adalah sebuah makanan beku yang disukai oleh semua kalangan khususnya anak – anak dan remaja. Proses pembuatan es krim membutuhkan waktu yang cukup lama dan bantuan beberapa bahan yang sering kita gunakan. Salah satunya yaitu garam.

Garam memiliki peran penting dalam pembuatan es krim karena berpengaruh pada perubahan suhu ketika adonan es krim belum jadi karena garam merupakan penyebab leburnya es dalam pembuatan es krim. Garam seing digunakan oleh pembuat es krim karena mudah dicari dan multifungsi.

Es memiliki suhu dibawah 0 derajat Celcius. Dalam pembuatan es krim menggunakan garam, garam mengubah suhu dalam adonan karena partikel garam menganggu partikel air dalam fase padat. Kemudian es menjadi cair dan melebur hingga 0 derajat Celcius karena ditambahkan garam tadi. Jadi garam sangat fungsional dalam pembuatan es krim karena manfaatnya besar.

Pelajari lebih lanjut

Detil jawaban

Kelas: 4 SD

Mapel: Sains

Bab: Sifat dan Perubahan Wujud Benda

Kode: 4.4.6

Kata kunci: es krim,garam,padat,cair

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Apa fungsi garam untuk pembuatan es krim coba jelaskan Semoga Membantu.

Baca Juga  Di desa siti banyak penebangan liar bagaimana cara mengatasinya