Satuan si untuk suhu adalah

Adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Satuan si untuk suhu adalah

Satuan Internasional (SI) yang digunakan untuk suhu adalah .. Kelvin

Pembahasan:

Skala Kelvin adalah satuan pengukuran untuk suhu dalam Sistem Satuan Internasional (SI). Satuan dari skala ini adalah kelvin, dengan simbol K. Berbeda dengan satuan suhu lain, seperti derajat Fahrenheit dan derajat Celsius, kelvin tidak ditulis dengan derajat, namun hanya satuan saja.

Skala Kelvin ini mengukur menggunakan titik nolnya pada nol mutlak, yaitu titik suhu di entropi termodinamika gas beku menjadi 0 atau suhu di mana semua gerakan termal berhenti, sesuai dengan teori termodinamika klasik. Definisi nol mutlak tersebut (0 K) setara dengan −273,15 °C.  

Atau dengan kata lain, titik beku air (0 °C) setara dengan 273,15 kelvin, dan titik didih air (100 °C) setara dengan 373,15 kelvin.

Skala Kelvin dinamakan untuk menghormati  insinyur dan fisikawan Universitas Glasgow, Skotlandia, yang bernama William Thomson, Baron Kelvin (1824-1907). Dia adalah ilmuwan yang menulis tentang perlunya “skala termometrik absolut”, untuk perhitungan Fisika yang melibatkan teori termodinamika, menggantikan skala Celcius dan Fahrenheit yang sebelumnya digunakan.

Misalnya dalam perhitungan gas ideal, dimana suhu yang digunakan untuk menghitung perbandingan suhuk tekanan dan volume gas harus dinyatakan dalam Kelvin.  

———————————————————————–

Pelajari lebih lanjut:  

1. Konversi rumus celcius ke reamur, celcius ke kelvin, farenheit ke reamur, dan farenheit ke kelvin!!!

2. Suhu suatu ruangan adalah 64°R. Jika dinyatakan dalam celsius, maka suhu ruangan tersebut adalah….°C  

Detail Jawaban

Kode:  7.6.7  

Kelas: VII  

Mata Pelajaran: Fisika    

Materi: Bab 7 – Suhu, Pemuaian, dan Kalor  

Baca Juga  Energi alternatif yang berasal dari luar bumi adalah

Kata Kunci: Skala Kelvin

Begitulah Jawaban Soal Sekolah Tentang Satuan si untuk suhu adalah Semoga Membantu.