Inti politik trias politik van deventer adalah

Inilah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Inti politik trias politik van deventer adalah

Pengertian:

Trias politik Van Deventer / Politik Etis / Trilogi Van Deventer adalah tiga asas balas budi yang diberikan oleh Belanda kepada Indonesia atas kritik dari seorang sosiolog Belanda yang bernama Van Deventer. Hal ini digunakan sebagai balas budi Belanda kepada Indonesia yang telah menyejahterakan kehidupan Belanda.

Trilogi Van Deventer:

– Irigasi

Irigasi yaitu memberikan dan memperlancar pengairan terhadap sawah dan ladang milik Belanda. Pada awalnya dinilai baik, namun Belanda kembali mengambil keuntungan dengan sistem tanam paksa untuk meningkatkan panen komoditas ekspor Belanda.

– Edukasi

Edukasi yaitu memberikan pendidikan. Namun, Belanda memanfaatkannya dengan hanya mendidik kaum bangsawan agar nantinya dapat menjadi sumber tenaga ahli Belanda. Di sisi lain, bangsawan terpelajar lain yang ingin merdeka, menyatukan kekuatannya dan bertekad melawan Belanda.

– Transmigrasi

Transmigrasi adalah pemindahan / pemerataan penduduk. Hal ini dimanfaatkan kembali oleh Belanda untuk memperluas area tanam ke berbagai wilayah. Namun, disisi lain para pemuda menjadi saling mengenal satu sama lain yang akhirnya menimbulkan rasa senasib sepenanggungan.

Demikianlah Jawaban Soal Sekolah Tentang Inti politik trias politik van deventer adalah Semoga Membantu.

Baca Juga  Sebutkan ciri ciri karya seni rupa 3 dimensi