Setelah merdeka pasukan belanda datang lagi ke indonesia dengan membonceng

Inilah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Setelah merdeka pasukan belanda datang lagi ke indonesia dengan membonceng

Jawaban:

Alasan Belanda membonceng Sekutu datang ke indonesia setelah Indonesia merdeka adalah untuk menjajah Indonesia kembali dan mempertahankan kekuasaannya di Indonesia

Pembahasan:

Akibat serangan Jepang pada Perang Dunia II, Belanda harus kehilangan kekuasaanya di Indonesia setelah menyerah dalam Perjanjian Kalijati pada tanggal 8 Maret 1942. Demikian pula, di Eropa sendiri Belanda dikuasai oleh Jerman. Akibatnya, masa penjajahan Belanda di Indonesia berakhir.

Namun, seiring dengan kemenangan Sekutu atas Jerman dan Jepang dalam Perang Dunia II, Belanda melihat kesempatan untuk kembali ke Indonesia dan menguasai lagi bekas jajahannya ini.

Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Belanda tidak mau mengakui kemerdekaan Indonesia, dan berupaya kembali ke Indonesia dengan membonceng kedatangan pasukan Sekutu yang bertujuan melucuti pasukan Jepang dan mengembalikan pasukan Jepang ke negaranya.

Belanda lalu mendirikan Netherlands Indies Civil Administration (NICA) atau Pemerintahan Sipil Hindia Belanda untuk membentuk kembali pemerintahan Hindia Belanda dan menjadikan kembali Indonesia sebagai wilayah jajahan Belanda.

Belanda juga menguasai kota penting di Indonesia serta membentuk negara federal untuk memecah Indonesia dengan mendirikan negara boneka, seperti Negara Pasundan, Negara Indonesia Timur dan Negara Sumatera Timur.

Puncak upaya Belanda ini adalah diluncurkannya dua serangan besar yaitu Agresi Militer I (Operatie Product) dan Agresi Militer II (Operatie Kraai).

Pelajari lebih lanjut:

1. Dalam menghadapi penjajahan Belanda kembali, pemerintah Indonesia menggunakan 2 cara yaitu?

2. Mengapa kedatangan pasukan Sekutu di Indonesia yang awalnya disambut baik oleh pemerintah dan bangsa Indonesia pada akhirnya berubah menjadi bentuk permusuhan?

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Setelah merdeka pasukan belanda datang lagi ke indonesia dengan membonceng Semoga Membantu.