Tujuan kedatangan nica di indonesia adalah untuk

Inilah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Tujuan kedatangan nica di indonesia adalah untuk

Tujuan kedatangan NICA (Netherlands Indies Civil Administration) di Indonesia adalah…. untuk menguasai dan menjajah kembali Indonesia

Pembahasan:

Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, Belanda lalu mendirikan Netherlands Indies Civil Administration (NICA) atau Pemerintahan Sipil Hindia Belanda untuk membentuk kembali pemerintahan Hindia Belanda dan menjadikan kembali Indonesia sebagai wilayah jajahan Belanda.

NICA membonceng kedatangan pasukan Sekutu yang bertujuan melucuti pasukan Jepang dan mengembalikan pasukan Jepang ke negaranya.  

NICA dipimpin oleh Hubertus Johannes (HJ) van Mook, yang menjadi pejabat paling tinggi diantara pemerinatahan Belanda yang mencoba menguasai kembali Indonesia.

Belanda juga menguasai kota penting di Indonesia serta membentuk negara federal untuk memecah Indonesia menjadi negara kecil, seperti Negara Pasundan, Negara Indonesia Timur dan Negara Sumatera Timur.  

Upaya Belanda menjajah kembali Indonesia ini adalah dua serangan besar yaitu Agresi Militer I (Operatie Product) dan Agresi Militer II (Operatie Kraai). Agresi kedua ini melanggar perjanjian Renville yang sebelumnya menerapkan gencatan senjata antara Belanda dan Indonesia

Sebagai akibat agresi ini, banyak wilayah Indonesia yang dikuasai militer Belanda, termasuk ibu kota Jakarta. Ini membuat Presiden Sukarno harus mengungsi ke Yogyakarta.

–––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––

Detail Jawaban:  

Mata pelajaran: IPS  

Kelas: V  

Kode: 5.10.8

Materi: Bab 8 – Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

#AyoBelajar

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Tujuan kedatangan nica di indonesia adalah untuk Semoga Membantu.

Baca Juga  Sikap kita terhadap datangnya kebudayaan asing adalah