Hak istimewa yang diberikan oleh pemerintah belanda kepada voc disebut

Adalah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Hak istimewa yang diberikan oleh pemerintah belanda kepada voc disebut

khusus (Hak oktroi) yaitu VOC wewenang untuk:

  1. Hak monopoli terhadap perdagangan rempah-rempah
  2. Hak untuk mencetak mata uang sendiri
  3. Memiliki pasukan, dan memiliki armada laut sendiri,
  4. Membangun benteng dan gudang,
  5. Dapat membuat perjanjian menyatakan perang dan damai dengan negara lain

Pembahasan:

VOC adalah kepanjangan dari Vereenigde Oost-Indische Compagnie (Perusahaan dagang Hindia Belanda.) Perusahaan ini didirikan pada tahun 1602 setelah suksesnya ekspedisi ke Indonesia oleh Cornelis De Houtman. Perusahaan ini dibentuk untuk melakukan konsolidasi para pedagang Belanda agar bisa bersaing dengan pedagang Portugal, Spanyol dan Inggris.

Awalnya pusat kegiatan VOC adalah di Ambon, Maluku. Kota ini dekat dengan pusat perdagangan rempah-rempah di Maluku. Namun lokasinya terlalu jauh dari wilayah lain di Asia tempat Belanda berniaga. Akhirnya, Belanda menaklukkan kota Jayakarta dari Kesultanan Banten pada tahun 1619 dan mendirikan kota baru, Batavia, sebagai pusat kekuasaanya.

Oleh pemerintah Belanda, VOC diberi hak khusus yang disebut Hak oktroi. Dengan hak ini VOC dapat monopoli perdagangan rempah-rempah, mencetak mata uang sendiri, memiliki pasukan dan aramda laut, membangun benteng serta hak membuat perjanjian dan menyatakan perang.

Dengan hak oktroi ini, VOC melebarkan kekuasaanya dengan melakukan ekpansi dan monopoli perdagangan. Dalam hal ini VOC dianggap sebagai negara dalam negara, karena memiliki tentara sendiri, dan dapat melakukan perang dan perundingan dengan negara lain.

———————————————————————————–

Detail Jawaban

Kode: 11.3.1

Kelas: XI

Mata pelajaran: Sejarah

Materi: Bab 1 – Bangsa Eropa di Indonesia

Kata kunci: VOC, Hak Oktroi, Belanda

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Hak istimewa yang diberikan oleh pemerintah belanda kepada voc disebut Semoga Membantu.