Bagaimana proses pengakuan kedaulatan indonesia terjadi

Berikut ini Jawaban Soal Ujian Tentang Bagaimana proses pengakuan kedaulatan indonesia terjadi

Jawaban:

Proses terjadinya pengakuan kedaulatan yang dilakukan Belanda adalah melalui konferensi Meja Bundar di Den Haag pada tahun 1949.

Belanda tidak mengakui bahwa tanggal 17 Agustus 1945 adalah proklamasi kemerdekaan Indonesia karena tidak ingin ada tuntutan pertanggungajawaban atas agresi militer antara tahun 1945 dan 1949 dan karena adanya tekanan politis dari veteran tentara Belanda.

jawaban yang panjangnya:

Sebelum tahun 2005, pemerintah Belanda tidak menganggap bahwa 17 Agustus 1945 adalah hari kemerdekaan Indonesia.

Namun Belanda menganggap bahwa hari kemerdekaan Indonesia adalah pada 27 Desember 1949, hari dimana konferensi Meja Bundar di Den Haag disepakati dan hari dimana Belanda resmi mengakui kedaulatan Indonesia.

Ada beberapa alasan mengapa Belanda tidak mengakui hari proklamasi sebagai hari resmi awal kemerdekaan Indonesia.

Pertama adalah Belanda tidak ingin ada tuntutan permintaan maaf dan pertanggung jawaban atas invasi militer di Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan.

Kedua adalah karena tuntutan politik dari unsur masyarakat Belanda yang belum menerima lepasnya Indonesia.

Ketika Indonesia menyatakan kemerdekaanya pada 17 Agustus 1945, pemerintah Belanda mengacuhkan proklamasi ini dan mengirim pasukan ke Indonesia untuk memilihkan kekuasaan kolonial Belanda. Tentara Belanda melancarkan dua agresi militer yang menewaskan banyak korban dari rakyat Indonesia.

Bila Belanda mengakui bahwa 17 Agustus 1945, mereka takut akan dituntut di Mahkamah Internasional atas tindakan militer ini karena berupa serangan ke negara berdaulat. Dengan mengakui Indonesia merdeka hanya pada tahun 1949, Belanda bisa melakukan pembenaran bahwa keguatan mereka adalah “aksi polisi” untuk memulihkan keamanan di wilayahnya sendiri.

Selain itu para veteran tentara Belanda dan tentara KNIL merupakan faktor politis mengapa Belanda tidak mengakui kemerdekaan Indonesia sejak 1945. Saat agresi militer Belanda mengerahkan sekitar 120 ribu tentara Belanda dan 40 ribu tentara KNIL. Setelah Indonesia lepas, para veteran ini membentuk kekuatan politis di Belanda yang menekan pemerintah Belanda untuk tidak mengakui kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, karena mereka masih tidak terima atas kekalahan yang dialami.

Baca Juga  Transpor membran yang tergolong transpor pasif adalah

Karena kedua faktor inilah, Belanda baru mau mengakui 17 Agustus 1945 sebagai hari kemerdekaan Indonesia pada tahun 2005 yang lalu.

jika ingin liat yang asli

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Bagaimana proses pengakuan kedaulatan indonesia terjadi Semoga Membantu.