Garam berikut yang dalam air bersifat basa adalah

Adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Garam berikut yang dalam air bersifat basa adalah

\n

Garam berikut yang dalam air bersifat basa adalah…

a. kalium asetat

Pembahasan:

Garam akan netral (pH = 7) bila asam dan basa penyusunnya sama-sama kuat atau sama-sama lemah. Sebaliknya bila senyawa penyusunnya ada yang kuat dan lemah, maka sifat garam akan asam atau basa mengikuti yang kuat.

Dalam soal ini:

a. kalium asetat (KCH3COO), merupakan garam yang bersifat basa, karena terbentuk dari reaksi antara asam asetat (CH3COOH) yang merupakan asam lemah, dan kalium hidroksida (KOH) yang merupakan basa kuat

b. natrium klorida (NaCl), merupakan garam yang bersifat netral, karena terbentuk dari reaksi antara asam klorida (HCl) yang merupakan asam kuat, dan natrium hidroksida (KOH) yang merupakan basa kuat.

c. natrium sulfat (Na2SO4), merupakan garam yang bersifat netral, karena terbentuk dari reaksi antara asam sulfat (H2SO4) yang merupakan asam kuat, dan natrium hidroksida (KOH) yang merupakan basa kuat.\t

d. ammonium klorida (NH4Cl), merupakan garam yang bersifat asam, karena terbentuk dari reaksi antara asam klorida (HCl) yang merupakan asam kuat, dan amonia (NH3) yang merupakan basa lemah.

e. ammonium asetat (NH4CH3COO), merupakan garam yang bersifat netral, karena terbentuk dari reaksi antara asam asetat (CH3COOH) yang merupakan asam lemah, dan amonia (NH3) yang merupakan basa lemah.

——————————————————————————

Detail Jawaban:

Kode: 11.7.5

Kelas: XI  

Mata Pelajaran: Kimia      

Materi: Bab 5 – Larutan Asam Basa

\n

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Garam berikut yang dalam air bersifat basa adalah Semoga Membantu.

Baca Juga  Melakukan shooting dalam permainan bola basket dapat dilakukan dengan cara