Di desa siti banyak penebangan liar bagaimana cara mengatasinya

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Di desa siti banyak penebangan liar bagaimana cara mengatasinya

Penebangan liar merupakan tindakan yang melanggar hukum, namun masih banyak dilakukan oleh masyarakat. Berikut ini cara untuk mengatasi banyaknya kasus penebangan liar yaitu:

  • Memperkuat hukum negara pelarangan kegiatan penebangan hutan yang dilakukan secara sewenang-wenang (misalnya memperkuat Undang-undang yang mengatur kelestarian alam).
  • Memberikan sanksi yang berat bagi mereka yang melanggar hukum terkait dengan pengelolaan hutan.
  • Melakukan reboisasi, yaitu penanaman kembali hutan yang sebelumnya sudah gundul sehingga akan meningkatkan kembali tanaman dan menjaga kelestariannya.
  • Melakukan tebang pilih tanam, yaitu menebang pohon yang diizinkan dan menanamkan kembali pohon yang telah diambil fungsinya.
  • Melakukan edukasi kepada masyarakat pentingnya menjaga kelestarian alam dan dampak negatif apabila kita menebangnya sehingga akan muncul kembali kesadaran masyarakat untuk memelihara alam.

Pembahasan:

Kasus penebangan liar menjadi salah satu penyebab rusaknya alam dan habitat untuk hewan-hewan yang tinggal di sekitarnya. Pada akhirnya kehilangan habitat asli tempat tinggal dari satwa tersebut akan membahayakan kehidupan manusia di sekitar lokasi penebangan liar. Oleh karena hewan-hewan tersebut memungkinkan untuk masuk ke pemukiman warga dan menyerang warga. Sehingga jika terjadi hal seperti ini, kita tidak dapat menyalahkan siapa-siapa. Manusia lah yang membuat bahaya hidupnya sendiri dengan mengganggu keseimbangan ekosistem alam. Dampak lainnya dari maraknya penebangan liar adalah dampak ekonomi, karena kehilangan keragaman produk hayati di masa yang akan datang.

Pelajari lebih lanjut:

Detil Jawaban

Kelas: 6

Mapel: Sains

Bab: Pelestarian makhluk hidup

Kode : 6.4.4

#AyoBelajar

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Di desa siti banyak penebangan liar bagaimana cara mengatasinya Semoga Membantu.