Pernyataan yang benar tentang mekanisme inspirasi adalah

Inilah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Pernyataan yang benar tentang mekanisme inspirasi adalah

Pernyataan yang benar tentang mekanisme inspirasi adalah diafragma dan otot dada berkontraksi, rongga dada membesar, paru-paru menggembung, dan udara masuk ke paru-paru (C). Adapun mekanisme ekspirasi adalah diafragma dan otot dada relaksasi, rongga dada mengecil, paru-paru mengecil, dan udara keluar dari paru-paru.  

Pembahasan

Paru-paru merupakan organ pernafasan. Di dalam paru-paru terdapat bronkeolus, alveolus dan selaput paru-paru (pleura). Pada bagian alveolus terjadi pertukaran oksigen dan karbondioksida secara difusi.

Berikut ini bagan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada pernafasan dada dan perut:

1. Mekanisme inspirasi pernapasan dada sebagai berikut:

Otot antar tulang rusuk (muskulis intercostalis eksternal) berkontraksi —> rusuk terangkat (posisi datar) —> paru-paru mengembang —> tekanan udara dalam paru-paru menjadi lebih kecil dibandingkan tekanan udara luar —> udara luar masuk ke paru-paru.

2. Mekanisme ekspirasi pernapasan perut adalah sebagai berikut:

Otot antar tulang rusuk relaksasi —> tulang rusuk menurun —> paru-paru menyusut —> tekanan udara dalam paru-paru lebih besar dibandingkan dengan tekanan udara luar —> udara keluar dari paru-paru.  

3. Mekanisme Inspirasi pernapasan perut sebagai berikut:

Sekat rongga dada (diafragma) berkontraksi -> posisi dari melengkung menjadi mendatar -> paru-paru mengambang -> tekanan udara dalam paru-paru lebih kecil dibandingkan tekanan udara luar -> udara masuk.  

4. Mekanisme ekspirasi pernapasan perut sebagai berikut:

Otot diafragma relaksasi -> posisi dari mendatar kembali melengkung -> paru-paru mengempis -> tekanan udara di paru-paru lebih besar dibandingkan tekanan udara luar -> udara keluar dari paru-paru.

Baca Juga  Nama nama dataran rendah di pulau bali dan nusa tenggara

Detil jawaban

Kelas: 11

Mapel: Biologi

Bab: Sistem Pernafasan

Kode: 11.4.7

#AyoBelajar

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Pernyataan yang benar tentang mekanisme inspirasi adalah Semoga Membantu.