Faktor majapahit menjadi kerajaan besar agraris dan perdagangan adalah

Inilah Jawaban Soal Ujian Tentang Faktor majapahit menjadi kerajaan besar agraris dan perdagangan adalah

Faktor yang menyebabkan Majapahit menjadi kerajaan besar agraris dan perdagangan antara lain adalah tanahnya yang subur dan letak cakupan wilayahnya yang banyak berdekatan dengan wilayah perairan.

Pembahasan :

Kerajaan agraris – Lahan pada kerajaan Majapahit memiliki tanah yang subur akibat banyaknya gunung berapi seperti Gunung Semeru, Kadiri, Lwa dan Gunung Wilis. Selain itu banyak pula area dataran tinggi sehingga udara cenderung dingin dan sangat subur ditanami sayur-sayuran, buah, dan palawija. Namun Majapahit juga memiliki daerah yang bercuaca panas, hingga sangat subur ditanami padi.  

Kerajaan perdagangan – Oleh karena cakupan wilayah kerajaan Majapahit cukup luas yang hampir menvakup seluruh wilayah Indonesia ini tentunya juga merupakan kerjaan kepulauan, yang mana transportasi laut merupakan suatu andalan pada masa itu untuk tumbuh menjadi kerajaan maritim. Khususnya wilayah yang berada di sekitar pantai Utara Jawa, seperti Gresik, Tuban, Surabaya, dan Canggu yang mana masyarakatnya telah banyak bekerja sebagai pedagang. Dengan dukungan lalu lintas antar pulau yang lancar, kegiatan perdagangan menjadi sangat maju. Bahkan banyak pedagang dari negara lain seperti Arab, India, dan Cina banyak berkunjung dan berdagang di area tersebut.

Pelajari lebih lanjut

Detil jawaban

Kelas  : 10

Mapel : Sejarah

Bab:  Indonesia Zaman Hindu dan Buddha: Silang Budaya Lokal dan Global Tahap Awal

Kode   : 10.3.4

Kata kunci : Kerajaan, Majapahit, Singasari, Raden Wijaya, Gajah Mada, Sumpah Palapa, Agraris, Perdagangan

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Faktor majapahit menjadi kerajaan besar agraris dan perdagangan adalah Semoga Membantu.