Jelaskan letak indonesia secara astronomis geografis dan geologis

Inilah Jawaban Soal Ujian Tentang Jelaskan letak indonesia secara astronomis geografis dan geologis

  1. Letak astronomis Indonesia: pada 6° LU – 11° LS. 95° BT – 141° BT.
  2. Letak geografis Indonesia: di antara benua Asia di sebelah utara dan Australia di sebelah selatan dan di antara Samudera Hindia di sebelah barat dan Samudera Pasifik di sebelah timur
  3. Letak geologis Indonesia: di pertemuan antara 3 (tiga) lempeng tektonik yaitu Lempeng Indo-Australia di selatan, Lempeng Eurasia di utara dan Lempeng Pasifik di timur

Pembahasan:

Letak geografis adalah letak relatif terhadap lokasi lain di suatu wilayah. Indonesia memiliki letak geografis di antara benua Asia di sebelah utara dan Australia di sebelah selatan dan di antara Samudera Hindia di sebelah barat dan Samudera Pasifik di sebelah timur.

Dampak dari lokasi geografis ini, Indonesia memiliki strategis yang terletak di jalur perdagangan utama dunia, yaitu di Selat Malaka. Ini membuat banyak potensi perdagangan di Indonesia, serta masuknya berbagai budaya luar.

Letak astronomis adalah letak terhadap garis bujur dan garis lintang di Bumi. Indonesia memiliki letak astronomis. Indonesia memiliki letak astronomis 6° LU – 11° LS. 95° BT – 141° BT.

Dampak dari letak astronomis ini adalah Indonesia memiliki iklim Tropis, yang ditandai dengan banyaknya penguapan dan suhu hangat sepanjang tahun. Iklim tropis juga mendorong terbentuknya hutan hujan tropis, yang kaya akan keanekaragaman hayati.

Letak geologis adalah letak suatu wilayah berkaitan dengan lempeng tektonik yang menyusun wilayah tersebut.

Dampak dari letak geologis ini, banyak wilayah Indonesia yang rawan gempa akibat pergerakan lempeng tektonik. Selain itu, pertemuan lempeng tektonik juga menyebabkan terbentuknya gunung berapi.

Baca Juga  Motif geometris banyak dijumpai pada benda benda karya seni

Banyaknya gunung berapi juga menyebabkan abu tektonik yang subur dan mendukung pertanian

—————————————————————————-

Detail Jawaban

Kode: 7.8.2  

Kelas: VII  

Mata pelajaran: IPS/Geografi  

Materi: Bab 2 – Kondisi Geografis Indonesia

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Jelaskan letak indonesia secara astronomis geografis dan geologis Semoga Membantu.