Apa yang diperjuangkan gajah mada

Inilah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Apa yang diperjuangkan gajah mada

Yang diperjuangkan Gajah Mada adalah Persatuan dan kesatuan wilayah nusantara di bawah kekuasaan Majapahit.

Pembahasan

Hai teman-teman BrainlyLovers…!!! Sekarang kita akan membahas perjuangan Gajah Mada.  

Selamat belajar…!!!  

Raja Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajah Mada membuat wilayah pemerintahan Kerajaan Majapahit sama luasnya dengan wilayah Indonesia sekarang. Hal tersebut membuktikan kehebatan dari nenek moyang bangsa Indonesia. Dengan semangat persatuan, Gajah Mada dapat menyatukan wilayah Nusantara. Bukti keberadaan Kerajaan Majapahit dapat dilihat dengan adanya Candi Penataran.

Gajah Mada adalah mahapatih yang berhasil membawa Majapahit ke masa puncak kejayaannya. Gajah Mada memperkuat armada laut Majapahit, kemudian mengajak kerajaan lain menjadi negara bawahan (lebih tepatnya untuk bersatu dengan) Majapahit. Gajah Mada adalah orang yang menyatukan seluruh wilayah Nusantara, hingga mencapai Filipina. Gajah Mada telah mengajarkan arti pentingnya dari persatuan dan kesatuan sebagai bangsa yang besar. Oleh karena itu untuk menjadi sebuah bangsa yang besar dan kuat, menjaga persatuan dan kesatuan sehingga keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) tetap terjaga.

Gajah Mada adalah seorang mahapatih kerajaan Majapahit yang terkenal dengan Sumpah Palapanya (tidak akan menikmati kenikmatan duniawi sebelum dapat menyatukan Nusantara).  

Salah satu penyebab runtuhnya pemerintahan kerajaan Majapahit dikarenakan tidak memiliki orang yang kuat, jujur, pandai, teguh, tenang, tangkas, serta tegas untuk menggantikan posisi Gajah Mada sebagai Mahapatih Kerajaan Majapahit.

Perjuangan Gajah Mada sampai sekarang masih tetap dikenang. Hal ini dibuktikan dengan digunakannya nama mahapatih kerajaan Majapahit, yaitu Gajah Mada sebagai nama jalan di Indonesia dan juga digunakan sebagai nama Universitas di Yogyakarata yakni Universitas Gajah Mada (UGM).

Baca Juga  Tempo lagu cicak cicak di dinding

Pelajari Lebih Lanjut

  1. Kajian tentang Gajah Mada bisa coba cek brainly.co.id/tugas/23626872
  2. Kajian tentang Sumpah Palapa bisa coba cek brainly.co.id/tugas/1223440
  3. Kajian tentang Kerajaan Majapahit bisa coba cek brainly.co.id/tugas/20937615

Detail Jawaban

Kelas: 10 SMA

Mapel: Sejarah

Bab: Bab 4 – Indonesia Zaman Hindu dan Buddha: Silang Budaya Lokal dan Global Tahap Awal

Kode: 10.3.2004

Kata Kunci : Gajah Mada, Kerajaan Majapahit, Perjuangan Gajah Mada.

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Apa yang diperjuangkan gajah mada Semoga Membantu.