Perhatikanlah benua dan samudra yang mengelilingi indonesia

Adalah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Perhatikanlah benua dan samudra yang mengelilingi indonesia

Benua dan samudra yang mengelilingi Indonesia adalah

  1. Benua Asia di utara
  2. Benua Australia di selatan
  3. Samudera Hindia di barat, dan
  4. Samudera Pasifik di timur

Pembahasan:

Letak Geografis adalah letak suatu wilayah atau negara sesuai dengan kenyataannya di permukaan bumi dan didasarkan pada keadaan alam di sekitarnya. Letak Indonesia secara geografis adalah di wilayah garis Khatulistiwa, di antara dua benua, yaitu benua Asia dan Australia, serta terletak di antara dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.  

Letak antara dua benua menyebabkan keanekaragaman hayati di Indonesia, akibat pengaruh kedua benua.

Di bagian Indonesia barat (Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan), binatang dan tumbuhan sangat dipengaruhi oleh benua Asia. Binatang yang dominan adalah binatang mamalia besar yang juga ditemui di Asia seperti harimau, gajah, badak, binatang memamah biak seperti banteng dan kerbau, serta primata seperti kera, bekantan dan oranghutan.

Di bagian timur, pengaruh yang terasa adalah pengaruh benua Australia dan ini paling terasa di pulau Papua dan pulau kecil sekitarnya. Di sini, kita bisa menemukan hewan mamalia berkantong atau marsupalia yang merupakan binatang khas Australia. Misalnya adalah kanguru pohon dan kuskus.  

Lokasi diantara dua Samudera membuat Indonesia sangat penting dalam perdagangan. Pada masa lalu, kerajaan seperti Sriwijaya dan Majapahit menjadi makmur karena perannya sebagai perantara di jalur perdagangan antara India di Samudera Hindia dan China di Samudera Pasifik.

—————————————————————————

Pelajari Lebih Lanjut

Luas dan letak wilayah indonesia berdasarkan peta?  

Detail Jawaban:

Kode: 7.8.2    

Baca Juga  Surat al ashr diturunkan di kota

Kelas: VII    

Mata pelajaran: IPS/Geografi    

Materi: Bab 2 – Kondisi Geografis Indonesia  

Kata kunci:  Letak Indonesia

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Perhatikanlah benua dan samudra yang mengelilingi indonesia Semoga Membantu.