Kerajaan sriwijaya mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan

Adalah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Kerajaan sriwijaya mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan

Kerajaan sriwijaya mencapai puncaknya pada masa pemerintahan raja balaputradewa. Kemukakan suatu hal yang dilakukan raja balaputradewa untuk kepentingan kerajaan.

Jawaban dan penjelasan:

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, ada baiknya teman-teman belajar tentang Kerajaan Sriwijaya. Yuk!

Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan maritim terkuat di wilayah Sumatera dan memiliki pengaruh yang kuat di nusantara karena daerahnya meliputi hampir seluruh Pulau Sumatera, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Semenanjung Melayu, Selat Malaka, Selat Karimata, Selat Sunda.

Menurut Prasasti Kedukan Bukit (682 M) yang terletak di Palembang, Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan Budha yang berdiri pada abad ke-7. Sriwijaya menjadi salah satu kerajaan yang kuat di Pulau Sumatera. Nama Kerajaan Sriwijaya berasal dari bahasa Sanskerta yaitu dari kata “Sri” yang berarti bercahaya dan kata “Wijaya” yang berarti kemenangan sehingga Sriwijaya memiliki arti sebagai “dengan kemenangan yang bercahaya atau gemilang”.

Pada catatan perjalanan I-Tsing, seorang pendeta Tiongkok yang pernah mengunjungi Sriwijaya pada tahun 671 selama 6 bulan, menerangkan bahwa Kerajaan Sriwijaya berpusat di kawasan Candi Muara Takus (Provinsi Riau) dan raja pertama dari Kerajaan Sriwijaya adalah Dapunta Hyang Sri Jayanasa.

Kerajaan Sriwijaya mencapai zaman keemasan pada masa pemerintahan Raja Balaputradewa yaitu sekitar tahun 850 M. Raja Balaputradewa berhasil membawa Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.

Pada masa pemerintahan Raja Balaputradewa jugalah, Sriwijaya memiliki armada laut yang kuat sehingga tercipta jalur pelayaran yang aman dan membuat banyak pedagang merasa aman ketika singgah. Peningkatan ekonomi diperoleh dari pembayaran upeti, pajak maupun keuntungan dari hasil perdagangan sehingga Sriwijaya berkembang menjadi kerajaan yang besar dan makmur.

Baca Juga  Negara asean yang paling banyak memiliki universitas adalah

Beberapa tindakan yang dilakukan Raja Balaputradewa untuk kejayaan kerajaannya antara lain:

Membangun Sriwijaya menjadi kerajaan nusantara pertama dengan wilayah yang sangat luas.
Menjadikan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim dengan memiliki kekuatan angkatan laut yang tangguh dan wilayah perairan yang luas.
Sriwijaya dijadikan sebagai pusat penyebaran agama Budha dengan banyaknya perguruan tinggi agama Budha.
Sriwijaya dijadikan sebagai pusat perdagangan sehingga banyak kapal yang singgah ke perairan Sriwijaya.
Semoga dapat membantu, ya!

Materi: Sejarah

Kelas: VII SMP

Kata kunci: Kerajaan Sriwijaya, Raja Balaputradewa

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Kerajaan sriwijaya mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Semoga Membantu.