Mengapa kita harus menghormati guru

Adalah Jawaban Soal Ujian Tentang Mengapa kita harus menghormati guru

Alasan kita harus menghormati guru adalah karena menghormati guru adalah bentuk realisasi dari perintah ALLAH dan Sunnah Rasulullah dan dari guru kita belajar menuntut ilmu , sedangkan menuntut ilmu tanpa adab terhadap orang yang memberikan ilmu akan menghilangkan keberkahan ilmu tersebut.

PEMBAHASAN

Pertanyaan adik-adik ini berkaiatan dengan adab terhadap guru,  wajib hukumnya menjaga adab terhadap guru, karena adab terhadap guru akan menghantarkan kepada keberkahan ilmu. Suatu saat imam bukhori pernah diminta datang ke istana untuk mengajar penguasa, kemudian beliau menolak dan berkata “air tidak mengalir dari bawah keatas”, maksudnya adalah ilmu dapat dipahami bukan dengan guru mendatangi murid, namun muridlah yang mendatangi guru.

Alasannya kita harus menghormati guru, yaitu karena lewat guru inilah kemudian manusia mengetahui mengenai ilmu , baik ilmu untuk kemanfatan dunia atau ilmu untuk kemanfaatan akhirat. Karena mustahil belajar dengan benar tanpa adanya bimbingan dari seorang guru, bahkan disampaikan orang yang belajar tanpa guru, maka gurunya dalah setan. maksudnya adalah tanpa berguru, Insha ALLAH kita akan tersesat. Kalau tidak tersesat dalam kebodohan atau akan tersesat pada sikap merasa benar sendiri.

Nah apabila ingin belajar ilmu agama, maka belajarlah pada ulama yang tersambung sanadnya, berguru kepada beliau , berkhidmad pada beliau, hormati dan cintai beliau , agar ALLAH pahamkan kita dalam agama, tanpa merasa paling benar sendiri dan tidak asal tafsir yang dapat mengantar pada kesesatan.

Ciri-ciri dari orang besar adalah mereka hormat kepada guru, sebagaimana Sayyidina Umar bin al-Khattab radhiallahu ‘anhu mengatakan “Tawadhu’lah kalian terhadap orang yang mengajari kalian.” Dan Imam al-Syafi’i rahimahullah berkata “Dulu aku membolak-balikkan kertas di depan gurunya (Imam Malik) dengan sangat lembut kerana segan kepadanya dan supaya dia tidak mendengarnya.”

Baca Juga  Salah satu lapisan dalam konsep pertahanan terhadap ancaman ideologi adalah

Contoh adab terhadap guru yaitu :

1.Berkata lemah lembut kepada guru kita

2.Mendengarkan dengan baik nasehat guru, serta tidak membantah walapun kita tidak setuju

3.

5.Cium tangan  guru kita sebagai bukti hormat kita terhadap mereka

6.Mendengarkan dengan baik penjelasan guru ketika mengajar

7.Meminta ijin bila tidak bisa hadir dalam majelis beliau

8.Mengerjakan perintah guru kita, selama tidak bertentangan dengan agama

9.Ucapkan salam ketika bertemu dan ucapkan terimakasih ketika berpisah

10.Menjaga nama baik guru kita

Pelajari Lebih Lanjut

Detail jawaban

Kelas : VII

Pelajaran : Agama

Kategori : Bab 4 – perilaku terpuji

Kode : 7.14.4

Kata Kunci : menghormati guru

Begitulah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Mengapa kita harus menghormati guru Semoga Membantu.