Menstruasi yang terjadi pada perempuan berarti

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Menstruasi yang terjadi pada perempuan berarti

Menstruasi yang terjadi pada perempuan adalah berarti kerusakan lapisan dalam dinding kandungan (jawaban: D). Menstruasi merupakan salah satu ciri kelamin primer pada perempuan. Jika ovum yang diproduksi oleh ovarium tidak dibuahi oleh sperma maka akan terjadi peluruhan dinding rahim (endometrium) beserta ovum yang tidak dibuahi.

Pembahasan

Menstruasi merupakan peluruhan dinding rahim atau endometrium beserta ovum yang tidak dibuahi. Siklus menstruasi dapat dibagi menjadi empat fase, meliputi fase menstruasi, fase pra ovulasi, fase ovulasi dan fase pasca ovulasi.

Pada fase menstruasi, kadar hormon estrogen dan progesteron akan turun secara drastic. Penurunan kadar hormon estrogen dan progesteron ini akan mengakibatkan luruhnya endometrium dan ovum yang tidak dibuahi.

Pada fase pra ovulasi, hipofisis otak akan memproduksi hormon FSH. Hormon FSH akan memicu pertumbuhan folikel  de Graff di  dalam ovarium. Saat folikel membesar, maka ovarium akan memproduksi hormon estrogen. Hormon estrogen ini akan memicu terjadinya  oogenesis. Pada saat kadar hormon estrogen terlalu tinggi, maka dapat menghentikan produksi hormon FSH yang diproduksi oleh  hipofisis.

Pada fase ovulasi, hipofisis otak akan memproduksi hormon LH. Hormon LH dapat memicu terjadinya ovulasi. Saat ovulasi, folikel de Graff akan pecah dan menyisakan badan korpus luteum.  

Pada fase pasca ovulasi, korpus luteum ini akan memproduksi hormon progesteron. Hormon progesteron ini akan memicu penebalan endometrium. Jika tidak terjadi pembuahan maka korpus liteaum akan berubah menjadi korpus albican. Korpus albican ini tidak lagi dapat memproduksi hormon progesteron sehingga kadar hormon progesteron akan terus menurun. Penurunan yang ekstrim akan memicu terjadinya menstruasi.

Baca Juga  Unsur-unsur dalam satu golongan memiliki

Namun jika terjadi kehamilan, maka hormone progesterone akan dipertahankan tetap tinggi agar embrio dapat tertanam di rahim dengan sempurna.

Detil jawaban  

Kelas: IX  

Mapel: biologi  

Bab: system reproduksi pada manusia  

Kode: 9.4.3

#AyoBelajar

Demikianlah Jawaban Soal Ujian Tentang Menstruasi yang terjadi pada perempuan berarti Semoga Membantu.