Perubahan yang dialami udin sejak bayi sampai saat ini adalah

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Perubahan yang dialami udin sejak bayi sampai saat ini adalah

Perubahan yg dialami udin adalah fase pranatal, fase bayi, fase anak-anak awal, fase anak-anak akhir dan fase dewasa. Perkembangan adalah proses bertahap menuju kedewasaan. Adapun pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran.

Pembahasan

Pertumbuhan makhluk hidup merupakan bertambahnya ukuran yang bersifat ireversibel (tidak dapat kembali). Pertambahan ukuran yang dimaksud adalah perubahan tinggi, berat maupun volume. Sehingga pertumbuhan bersifat dapat diukur (kuantitatif)

Perkembangan adalah proses perubahan sifat makhluk hidup menuju kedewasaan. Perkembangan makhluk hidup tidak dapat diukur (kualitatif). Puncak kedewasaan makhluk hidup jika sudah membentuk sel gamet untuk reproduksi, misalnya mimpi basah dan menstruasi. Adapun pada tumbuhan ditandai dengan munculnya bunga.

Fase perkembangan menurut Santrock dan Yussen sebagai berikut:

1. Fase pranatal adalah tahap dalam kandungan, waktu antara masa pembuahan sampai dengan masa kelahiran. Pada tahap ini terjadi berkembangnya satu sel menjadi satu organisme yang lengkap dengan otak dan kemampuan berperilaku yang dihasilkan dalam waktu kurang lebih 9 bulan.

2. Fase bayi adalah fase sejak masa kelahiran sampai 18 atau 24 bulan. Pada fase ini banyak kegiatan psikologi dimulai seperti bahasa, sosialisasi.

3. Fase kanak-kanak awal adalah fase perkembangan sejak lahir masa bayi sampai 5 atau 6 tahun, disebut juga dengan masa pra sekolah.

4. Fase kanak-kanak tengah dan akhir adalah fase perkembangan sejak umur 6 tahun sampai 11 tahun dimana anak-anak menguasai keterampilan-keterampilan dasar seperti membaca, menulis dan berhitung.

5. Fase remaja adalah masa transisi dari kanak-kanak menuju dewasa awal, kira-kira pada umur 11 sampai 12 tahun dan berakhir di umur 18 sampai 22 tahun.

Baca Juga  Angklung termasuk jenis alat musik

Detil jawaban

Kelas: 6

Mapel: Biologi

Bab: Ciri-ciri Makhluk Hidup

Kode: 6.4.1

#AyoBelajar

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Perubahan yang dialami udin sejak bayi sampai saat ini adalah Semoga Membantu.